Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?

loading...
Tiongkok adalah sebuah negara di Asia Timur yang kini telah menjadi salah satu raksasa industri di dunia. Buktinya, hampir semua produk di dunia berisi tulisan “Made in China”. Namun, sebelum itu, Tiongkok adalah negara yang serba tertutup dari dunia luar terutama dunia barat. Perbatasan pun dijaga sangat ketat. Akibatnya, sebagian besar rakyatnya menderita kelaparan. Seolah-olah Tiongkok ditutupi oleh sebuah tirai bambu. Namun mengapa harus bambu?
Bagian Dari: 35 Daftar Julukan Negara-Negara di Dunia
Tirai bambu
Tirai bambu (garis hitam) pada tahun 1950-an
Bambu china (Bambusa multiplex) dikenal karena sangat kuat dan tidak mudah patah. Negara Tiongkok identik dengan bambu mulai dari bangunan kunonya sampai panda yang gemar makan bambu muda. Selain itu, julukan itu untuk membedakannya dengan negara Rusia yang dijuluki tirai besi.
Baca juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Asia Timur Lebih Maju dari Asia Tenggara dan Asia Selatan
Meskipun saat ini Tiongkok jauh lebih terbuka dan jauh lebih maju ketimbang saat masa Perang Dingin, Tiongkok masih cocok disebut negeri tirai bambu, terutama pada perusahaan teknologi barat. Sampai saat ini, Google, Facebook, dan situs-situs lain masih diblokir pemerintah Tiongkok. Itu justru mendorong rakyatnya untuk menciptakan situs alternatif yang membuat perekonomian Tiongkok berputar kencang. Contohnya Baidu, Tencent, dan Alibaba.


Referensi:
  1. Ini alasannya, kenapa Cina dijuluki Negeri Tirai Bambu (http://se7kan.blogspot.co.id/2016/01/ini-alasannya-kenapa-cina-dijuluki.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment