58 Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Kesehatan dan keselamatan kerja atau yang biasa disingkat K3 adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Baca juga: 7 Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium

Salah satu kewajiban perusahaan adalah wajib memasang poster/gambar/slogan tentang K3 seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja pasal 14 ayat b yang menyatakan wajib:

Memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli keselamatan kerja.

Berikut adalah beberapa contoh poster tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) (Artikel Lengkap)

Hak asasi manusia (atau disingkat HAM) adalah prinsip moral atau norma yang menggambarkan standar-standar tertentu dari perilaku manusia dan secara hukum dilindungi oleh hukum internasional. Intinya adalah, hak asasi manusia adalah hak mendasar setiap manusia yang harus dilindungi. Hak tersebut didapat oleh manusia dari Tuhan sejak lahir dan bersifat absolut. Hak ini berlaku di setiap manusia tanpa memperdulikan SARA, kedudukan, tingkat kecerdasan, status sosial, ataupun jabatan. Dalam bahasa Inggris, hak asasi manusia disebut human rights.

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

5 Fungsi Badan Nissl

Badan nissl atau zat nissl adalah badan granula besar yang ditemukan di sel saraf (neuron). Granula ini berupa modifikasi retikulum endoplasma kasar (RE kasar) dengan ribosom. Badan nissl dinamakan sesuai nama seorang ahli neuropatologi Jerman, Franz Nissl, yang berhasil menemukan metode pewarnaan Nissl. Berikut adalah beberapa fungsi badan nissl. Namun fungsinya sama saja dengan RE dan badan golgi di dalam sel. Langsung saja kita simak yang pertama:Badan nissl terletak di dalam badan sel (soma)

Tulang Spons (Artikel Lengkap)

Tulang spons adalah bagian tengah tulang yang berongga serta terdapat sumsung tulang merah dan sumsum tulang kuning. Sumsun tulang merah memproduksi sel darah merah, sedangkan sumsum tulang kuning menyimpan lemak. Dalam bahasa Inggris, tulang spons (spongiosa) disebut cancellous bone. Tulang spons merupakan salah satu dari dua jenis jaringan tulang yang membentuk tulang. Jenis lainnya adalah tulang kortikal (tulang kompak).

Baca juga: Gambar Jaringan Tulang Kompak dan Spongiosa
Tulang spons

Gerak Lurus Beraturan (GLB) (Artikel Lengkap)

Setelah mempelajari materi ini diharapkan Anda dapat menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait, serta menerapkan besaran-besaran fisika pada gerak lurus beraturan dalam bentuk persamaan dan menggnakannya dalam pemecahan masalah.

Grafik Gerak Lurus Beraturan

Gambar diatas menunjukkan grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t). Dalam GLB, terlihat bahwa grafik v terhadap t membentuk garis lurus horizontal.

Tugas Ekonomi Akuntansi: Akun dan Pencatatan Transaksi Keuangan

1. Pengertian Akun

Akun adalah suatu sarana untuk mencatat transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, modal, pendapatan, dan beban. Tujuan pemakaian akun adalah untuk mencatat data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan-laporan keuangan. Selain itu akun juga memberikan informasi tentang operasi-operasi perusahaan dari hari ke hari. Informasi yang terperinci dari tiap-tiap laporan keuangan ada di dalam akun. Sebagai contoh, misalnya dari akun dapat diketahui jumlah piutang perusahaan kepada para debitur, jumlah kewajiban perusahaan kepada para kreditur, harga beli asset yang dibeli perusahaan. Dengan menggunakan akun, maka transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat dicatat secara tepat dan lengkap.

7 Fungsi Sel Schwann

Sel Schwann adalah sel glia pada sistem saraf pada manusia. Sel schwann membungkus akson beberapa kali hingga membentuk selubung mielin. Sel ini juga disebut sel neurilema. Nama sel schwann diambil berdasarkan nama penemunya yang bernama Theodore Schwann, seorang ilmuwan dari Jerman. Berikut adalah beberapa fungsi sel schwann. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sel Schwann (Artikel Lengkap)
Sel Schwann dalam sel saraf manusia

Pengertian Gizi (Artikel Lengkap)

Gizi adalah substansi organik berupa zat pada makanan yang dibutuhkan organisme untuk menjaga fungsi dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan jaringan tubuh, dan kesehatan. Gizi juga disebut “nutrisi”. Dalam bahasa Inggris, “gizi” disebut nutrient atau nutrition.

contoh makanan yang mengandung gizi

Sistem Ekonomi Liberal (Artikel Lengkap)

Sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi dimana sebagian besar keputusan dalam perekonomian ditentukan oleh masing-masing individu, bukan lembaga atau organisasi bahkan pemerintah. Sistem ekonomi ini mencakup kebebasan dalam melakukan aktivitas ekonomi. Meskipun demikian, dasar dari setiap aktivitas ekonomi tetap pada ekonomi pasar dan menjunjung tinggi hak kepemilikan pribadi. Meskipun ekonomi liberalisme dapat mendukung peraturan pemerintah, sistem ini cenderung menentang intervensi pemerintah di pasar bebas dan persaingan. Namun sistem ini dapat menerima intervensi pemerintah dalam rangka menghapus monopoli yang dilakukan oleh pihak swasta, karena hal tersebut dianggap dapat membatasi kebebasan individu dalam membuat keputusan. Ketika ekonomi liberal menikmati pasar bebas oleh pemerintah, negara tetap menyediakan fasilitas publik.

Indeks Kebebasan Ekonomi 2015

Gambar diatas merupakan peta dunia negara-negara yang menganut sistem ekonomi liberal berdasarkan Indeks Kebebasan Ekonomi tahun 2015 yang dibuat oleh Wall Street Journal. Semakin hijau, semakin bebas (liberal). Semakin merah, semakin tidak bebas. Warna abu-abu berarti belum ada data.

Ekonomi liberal sering dikaitkan dengan dukungan terhadap pasar bebas dan kepemilikan pribadi atas aset dan modal. Proteksionisme bertentangan dengan ekonomi liberal karena dianggap tidak mendukung perdagangan bebas dan pasar terbuka. Secara historis, ekonomi liberal muncul sebagai tanggapan akan merkantilisme dan feodalisme. Ekonomi liberal juga dianggap bertentangan dengan ekonomi non-kapitalis, seperti sosialisme dan ekonomi terencana.

6 Ciri-Ciri Ribosom

Ribosom adalah organel yang sangat kompleks dan ditemukan di semua sel hidup. Fungsi utama ribosom adalah sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein. Ribosom berukuran kecil, namun jumlahnya banyak dan tersebar di retikulum endoplasma kasar dan di sitoplasma. Berikut adalah beberapa ciri-ciri ribosom. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Ribosom (Artikel Lengkap)Ciri-ciri ribosom

Sistem Peredaran Darah pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem peredaran darah pada manusia (sistem kardiovaskular pada manusia) atau sistem sirkulasi adalah sistem organ yang memungkinkan darah beredar ke seluruh tubuh serta membawa nutrisi (seperti asam amino dan elektrolit), oksigen, karbon dioksida, dan hormon ke sel tubuh untuk memberikan makanan ke sel, melawan penyakit, menstabilkan suhu dan pH, dan mempertahankan homeostasis. Ilmu yang mempelajari aliran darah disebut hemodinamik. Sedangkan ilmu yang mempelajari sifat-sifat aliran darah disebut hemorheologi.

Sistem peredaran darah pada manusia

Sistem peredaran darah terdiri dari sistem kardiovaskular yang berfungsi untuk mendistribusikan darah dan sistem limfatik yang mengedarkan getah bening. Kedua sistem tersebut terpisah satu sama lain. Peredaran getah bening memakan waktu yang lebih lama dari peredaran darah. Darah adalah cairan yang terdiri dari plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang diedarkan oleh jantung melalui sistem vaskuler vertebrata. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dan mengangkut limbah buangan dari jaringan tersebut. Getah bening pada dasarnya adalah hasil daur ulang plasma darah yang berlebih setelah disaring dan dibawa ke sistem limfatik. Sistem kardiovaskular (berasal dari bahasa Latin yang berarti “jantung” dan “pembuluh”) terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah. Sedangkan getah bening, kelenjar getah bening, dan pembuluh darah bening membentuk sistem limfatik.

Biologi Sel (Sitologi) (Artikel Lengkap)

Biologi sel adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari sel termasuk sifat fisiologis, struktur sel, organel yang terkandung, interaksi dengan lingkungannya, siklus hidup sel, divisi sel, kematian sel, dan fungsi sel. Dahulu disebut sitologi. Cabang ilmu ini mempelajari baik di tingkat mikroskopik sampai molekuler. Penelitian biologi sel mencakup keragaman organisme bersel tunggal (Contoh: bakteri dan protozoa) dan keragaman sel organisme multiseluler (Contoh: manusia dan tumbuhan).

Pengetahuan tentang komponen sel dan cara kerja sel merupakan dasar bagi ilmu biologi. Mengetahui persamaan dan perbedaan antara jenis sel sangat penting dalam bidang sel dan biologi molekuler serta bidang biomedis seperti penelitian kanker dan biologi perkembangan. Penelitian dalam bidang biologi sel berkaitan erat dengan genetika, biokimia, biologi molekuler, imunologi, dan biologi perkembangan.

sel bawang

Crystal X, Solusi Terbaik Untuk Masalah Kewanitaan

Crystal x merupakan inovasi baru dalam dunia kesehatan wanita, produk ini memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu menjaga organ kewanitaan agar tetap sehat, bersih dan jauh dari penyakit. Produk ini diracik oleh tangan-tangan yang memang ahli dalam bidang kesehatan wanita dengan bahan-bahan alami sebagai bahan dasar utama seperti daun sirih, rumput laut, daun sisik naga, dan lain-lain menggunakan teknologi yang canggih. Daun sirih menghasilkan zat-zat antiseptik yang mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab keputihan serta menghilangkan bau tak sedap pada miss v. Sedangkan rumput laut memberikan nutrisi untuk rongga Rahim dan daun sisik naga membuat miss v lebih rapet dan lentur. Selain itu, Crystal X juga memberikan manfaat lainnya.

Beberapa manfaat crystal x lainnya adalah mampu menyembuhkan keputihan, mencegah dan menyembuhkan bakteri dan kuman yang berbahaya, membersihkan kerak di bagian dalam miss v, menyembuhkan iritasi, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, fungsi utama produk ini adalah untuk mencegah wanita dari serangan penyakit-penyakit kewanitaan baik yang tidak terlalu berbahaya maupun yang paling berbahaya yaitu kanker. Produk ini memang bertekstur padat serta berbentuk seperti batang. Walaupun bertekstur padat, namun ini mudah dicairkan. Produk ini juga cocok untuk semua kalangan wanita baik remaja, wanita single maupun wanita yang sudah menikah sehingga cara pemakaian produk ini pun berbeda-beda sesuai penggunanya.

Untuk pengguna produk yang masih remaja maupun belum menikah, cara pemakaiannya adalah dengan membasuh organ intim dengan air rendaman produk ini yang dibuat dengan merendam batang Crystal X selama 1-5 menit saja di air bersuhu hangat. Setelah selesai, produk ini harus segera dibasuh dengan air bersih dan dikeringkan menggunakan lap yang bersih sebelum dimasukkan kembali ke dalam kemasan agar kesterilan produk bisa tetap terjaga dengan baik. Untuk pengguna yang sudah menikah, cara pemakaiannya adalah dengan memasukkan batang ini ke dalam organ kewanitaan sedalam kurang lebih 4 cm dan kemudian memutar di dalam miss v 10 putaran selama kurang lebih 10 detik.

Anda harus melakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari setelah mandi tergantung tingkat keparahan keputihan yang diderita setiap hari. Jika anda melakukannya dengan rutin dan rajin, dalam tempo waktu 3-4 bulan pemakaian produk Crystal X, anda sudah bisa merasakan dan melihat perubahan pada organ kewanitaan anda. Perubahan yang terjadi dapat dilihat dari menghilang dan rontoknya kotoran berupa kerak di sekitar organ intim, munculnya cairan bening berupa lendir dari miss v yang menandakan proses pembersihan berjalan baik, bau busuk atau tak sedap yang muncul dari miss v mulai menghilang secara perlahan dan organ intim terasa lebih kesat dan rapet bagi wanita yang sudah menikah.

Karena begitu boomingnya produk tersebut, ini menyebabkan banyaknya Crystal X palsu yang tersebar di pasaran. Memang sulit membedakan produk yang asli dan yang palsu, namun bukan berarti tidak bisa dibedakan sama sekali. Produk palsu dan asli bisa dilihat dari harganya. PT. Natural Nusantara (NASA) selaku perusahaan resmi mematok harga produk ini senilai Rp 200.000 sehingga apabila terdapat produk sama yang menawarkan harga di bawah harga tersebut, patut dicurigai dan diwaspadai sebagai produk palsu. Cara lain untuk membedakan produk asli dan palsu adalah dengan memperhatikan kemasan secara cermat seperti adanya hologram IRU yang berbentuk persegi dan berwarna emas, penempatan logo NASA, Nomor Badan POM, Nomor Registrasi Produk dan lain sebagainya.

Info Pemesanan Crystal X : www.crystalxkewanitaan.com


(adv)

5 Fungsi Sinapsis

Sinapsis adalah titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain. Pertemuan tersebut bertujuan untuk memberikan jalur bagi impuls (rangsangan). Sinapsis merupakan bagian dari sistem saraf pada manusia dan hewan. Sinapsis berperan sebagai penghubung neuron (sel saraf) dengan neuron lain atau jaringan otot. Berikut adalah beberapa fungsi sinapsis. Langsung saja kita simak yang pertama:

fungsi sinapsis

6 Bagian-Bagian Anus dan Fungsinya (Beserta Gambar Anatomi Anus)

Anus adalah bagian akhir dari sistem pencernaan pada manusia dan hewan. Fungsi utama anus adalah untuk mengendalikan proses pembuangan kotoran (feses/tinja). Anus manusia terpisah dari uretra. Pada anus terdapat dua sfingter yang berfungsi untuk mengontrol dan menahan kotoran selama proses buang air besar (defekasi). Berikut adalah bagian-bagian anus dan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: 6 Organ Pencernaan Manusia dan Bagian-Bagiannya

anatomi anus