Definisi Limit Fungsi (Artikel Lengkap)

Limit fungsi adalah konsep fundamental dalam kalkulus dan analisis mengenai aturan bahwa suatu fungsi mendekati suatu input tertentu. Limit biasa digunakan untuk menyatakan batas. Artinya kita boleh mendekati batas tersebut tetapi tidak boleh mencapai batas tersebut.

definisi limit fungsi

6 Fungsi Badan Sel

Badan sel adalah bagian sel saraf yang berisi inti sel. Badan sel juga disebut soma, perikaryon, atau cyton. Soma mengandung banyak organel dan merupakan tempat menempelnya dendrit dan akson. Struktur badan sel saraf sama seperti struktur sel hewan pada umumnya seperti terdapat ribosom, retikulum endoplasma, mitokondria, badan golgi, dan membran sel. Hanya saja badan sel saraf memiliki butiran Nissl yang berfungsi untuk meneruskan impuls (rangsangan). Fungsi utama badan sel saraf adalah sebagai tempat inti sel yang berisi sebagian besar RNA yang dihasilkan di dalam neuron. Berikut adalah fungsi badan sel saraf. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Fungsi Badan Sel

Etimologi Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap)

Sosiologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu komunikasi dari sudut sosiologis. Sosiologi komunikasi meneliti tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial di dalam masyarakat yang mempengaruhi proses penyampaian pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada komunikan guna untuk mendapatkan umpan balik yang sesuai dengan harapan.

Etimologi Sosiologi Komunikasi

20 Kelainan/Penyakit pada Organ Ekskresi Manusia

Organ ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, paru-paru, kulit, dan hati. Organ ini merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Fungsinya adalah sebagai alat ekskresi yakni mengeluarkan zat-zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Jika tidak, maka zat-zat tersebut bisa meracuni tubuh. Nah, bagaimana jika organ-organ tersebut terkena penyakit? Berikut adalah macam-macam penyakit pada organ ekskresi manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20+ Penyakit pada Sistem Ekskresi Manusia

Pancasila Sebagai Ideologi Negara (Artikel Lengkap)

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila telah ada pada bangsa Indonesia sejak jaman dahulu kala sebelum negara Indonesia berdiri. Nilai-nilai tersebut adalah nilai-nilai adat-istiadat, kebudayaan, dan nilai-nilai religius. Nilai-nilai tersebut telah ada dan melekat serta teramalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pandangan hidup, sehingga materi Pancasila yang berupa nilai-nilai tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai tersebut kemudian dirumuskan secara formal oleh para pendiri negara untuk dijadikan ideologi negara Indonesia. Proses perumusan Pancasila dilakukan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pertama, sidang panitia sembilan, dan sidang BPUPKI kedua. Pada akhirnya, Pancasila disahkan secara yuridis sebagai ideologi NKRI.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

4 Klasifikasi Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Protista mirip hewan atau protozoa adalah organisme uniseluler eukariot yang memiliki karakteristik mirip hewan, seperti dapat bergerak dan mencerna makanan. Istilah “protozoa” berasal dari bahasa Yunani protos yang berarti “pertama” dan zoa yang artinya “hewan”. Berdasarkan alat geraknya, protozoa dibagi menjadi empat kelas yaitu rhizopoda, ciliata, flagellata, dan sporozoa. Berikut adalah klasifikasi protista mirip hewan (protozoa) lengkap dengan ciri-ciri dan gambar. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 5 Klasifikasi Jamur (Beserta Ciri-Ciri dan Gambar)

5 Klasifikasi Jamur (Beserta Ciri-Ciri dan Gambar)

Jamur adalah organisme eukariot yang memiliki dinding sel tetapi tidak memiliki klorofil. Awalnya jamur dimasukkan ke dalam kingdom plantae, tetapi kini jamur membentuk kingdom tersendiri yaitu kingdom fungi karena tidak dapat berfotosintesis. Berdasarkan cara berkembang biaknya, klasifikasi jamur dibagi menjadi empat divisi yaitu zygomycota, ascomycota, basidiomycota, deuteromycota, dan chytridiomycota. Berikut adalah ciri-ciri dan gambar keempat divisi tersebut. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Zygomycota

ciri-ciri zygomycota

10 Contoh Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah seni yang tercipta bebas tanpa mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya tetapi lebih mengutamakan fungsi keindahan/estetika. Fungsi seni rupa murni hanya semata-mata sebagai pajangan untuk memenuhi kepuasan batin akan estetika. Berikut adalah contoh seni rupa murni. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 8 Contoh Seni Rupa Terapan

Contoh Seni Rupa Murni patung

21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian norma dalam sosiologi adalah aturan tidak tertulis yang mengatur perilaku individu di dalam kehidupan sosial. Bagi pelanggar norma akan dikenakan sanksi. Norma telah mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku. Berikut adalah beberapa pengertian norma menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 23 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli
13 Pengertian Norma Menurut Para Ahli

14 Alat Reproduksi pada Manusia

Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada manusia berbeda menurut jenis kelaminnya. Fungsi sistem reproduksi adalah menghasilkan keturunan secara seksual. Berikut adalah penjelasan tentang alat-alat reproduksi pada manusia beserta gambar anatominya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 25 Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

15 Penyebab Asidosis Respiratorik

Asidosis respiratorik adalah kondisi medis dimana pH darah menurun. Karbon dioksida bersifat asam sehingga pH darah menjadi turun. Karbon dioksida juga dapat merangsang otak sehingga pernapasan lebih cepat dan lebih dalam. Terdapat dua jenis asidosis respiratorik yaitu asidosis respiratorik akut dan asidosis respiratorik kronis. Berikut adalah penyebab asidosis respiratorik. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

15 Penyebab Asidosis Respiratorik

7 Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Kingdom Animalia adalah organisme multiseluler eukariotik. Kingdom ini juga disebut metazoa. Semua hewan adalah motile yang berarti dapat bergerak secara spontan dan sesuai kehendak. Semua hewan adalah heterotrof. Hewan harus memangsa organisme lain demi keberlangsungan hidupnya. Berikut adalah ciri-ciri kingdom animalia. Langsung saja kita simak yang pertama:

7 Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Sumber gambar: pixabay.com

Pendidikan di Singapura (Artikel Lengkap)

Pendidikan di Singapura dikelola oleh Departemen Pendidikan yang bertugas untuk mengontrol perkembangan dan administrasi pendanaan sekolah negeri oleh pemerintah serta menjadi penasehat dan pengawas sekolah swasta. Untuk sekolah swasta dan negeri, terdapat variasi dalam hal kurikulum, bantuan pendanaan dari pemerintah, SPP untuk siswa, dan kebijakan seleksi masuk.
Anggaran untuk pendidikan biasanya sekitar 20 persen dari APBN tahunan, dimana itu digunakan untuk mensubsidi pendidikan negara dan pendidikan swasta bagi warga Singapura serta untuk dana program Edusave. Biaya pendidikan biasanya lebih tinggi bagi non-warga negara. Pada tahun 2000, Undang-Undang Pendidikan Wajib mewajibkan anak-anak usia sekolah dasar (kecuali mereka yang menyandang cacat). Orangtua akan dikenakan tindak pidana jika mereka gagal mendaftarkan anaknya di sekolah dan memastikan kehadiran anaknya. Pengecualian diperbolehkan untuk homeschooling atau lembaga keagamaan, tetapi orangtua harus mengajukan permohonan pembebasan dari Departemen Pendidikan dan memenuhi beberapa persyaratan minimum.
Pendidikan di Singapura
Sumber gambar: wikipedia.org

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya

Paru-Paru adalah organ yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini sangat vital karena hewan (termasuk manusia) tidak dapat hidup tanpa oksigen. Oksigen sangat penting untuk proses respirasi di mitokondria pada sel sehingga dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas. Paru-paru terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian paru-paru dan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya