9 Buku yang Sedang Saya Baca Saat Ini

Membaca adalah kegemaran saya sehari-hari. Saya punya banyak sekali buku, terutama saat pertama kali saya bekerja dan dapat gaji. Sebagian penghasilan saya saat itu saya pakai untuk membeli buku. Tetapi akhirnya ada banyak sekali buku yang belum habis dibaca, dan saya harus menghabisinya. Sudah satu tahun terakhir saya tidak membeli buku dan lebih fokus membaca buku-buku yang saya miliki saat ini. Mungkin selanjutnya saya hanya beli 1 atau 2 buku dan saya baca sampai habis. Berikut adalah buku-buku yang sedang saya baca, belum termasuk buku daring di Google Play Buku.

IMG_9004

1. Sukses Jadi Profesional

IMG_3502

Penulis: Eileen Rahman

Buku ini sangat menarik perhatian saya saat pameran buku di Ubud. Sejak dulu saya terobsesi menjadi profesional di bidang apapun yang sedang saya tekuni. Buku ini memberikan banyak jawaban atas banyak pertanyaan saya tentang berkarir dan hidup di masa depan. Di buku ini saya belajar bagaimana berkompetisi dengan profesional lainnya di masa depan.

2. A Brief History of Time

IMG_9007

Penulis: Stephen Hawking

Terjemahan: Sejarah Singkat Waktu

Saya sangat mengagumi sosok Stephen Hawking sejak SD dan semakin kagum setelah menonton film The Theory of Everything. Bukunya banyak dibahas dan kebetulan saat itu saya gemar dengan buku sejarah. Maka dari itu, saat pertama kali melihat buku ini di toko buku, saya langsung membelinya. Isinya memang sedikit membingungkan bagi orang awam, terutama istilah baru “zarah” yang merupakan bahasa Indonesia dari “partikel”. Istilah tersebut sangat sering dibahas di buku ini. Topik utamanya adalah tentang lubang hitam dan alam semesta. Orang awam yang punya sedikit pengetahuan akan hal tersebut akan diajak mengelilingi alam semesta. Sangat menyenangkan.

3. The Million Dollar Blog

IMG_9009

Penulis: Natasha Courtenay-Smith

Karena passion saya di bidang blogging, maka saya langsung tertarik dengan buku ini. Ini adalah buku berbahasa Inggris pertama saya. Seiring dengan semakin meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris saya, saya bisa memahami buku ini dengan baik. Buku ini membahas segala hal tentang blog. Yang paling menarik adalah wawancaranya dengan banyak blogger sukses dunia.

4. Bhagavad Gita Bagi Orang Modern

IMG_9013

Penulis: Anand Krishna

Saya tertarik dengan buku ini karena desain sampulnya keren dan diklaim bagi orang modern. Setelah saya baca ternyata memang benar. Isinya merupakan tafsiran ayat-ayat salah satu karya sastra paling berpengaruh di dunia. Anand Krishna mampu menafsir setiap ayat dan mengaitkannya dengan kehidupan masa kini, sehingga kita dibantu memahami makna tersirat dari setiap ayat/sloka.

5. Pengantar Akuntansi Comprehensive Edition

IMG_9018

Penulis: Hery, S.E., M.Si., RSA., CRP.

Saya sangat heran dengan gelarnya yang sangat panjang. Bukunya juga sangat tebal. Saya sengaja memotret dari samping untuk menunjukkan ketebalannya. Buku ini saya beli setelah resign dari pekerjaan saya. Saya rasa saya butuh tahu lebih lanjut tentang akuntansi. Dan buku ini saya rasa memberi semua jawaban yang penting.

6. Sejarah Bali

IMG_9019

Penulis: I Wayan Ardika, I Gde. Parimartha, dan A.A. Bagus Wirawan

Akhirnya ada buku komprehensif yang menulis tentang sejarah Bali. Saya berharap banyak dengan buku ini. Hanya saja saya merasa gaya penulisannya lebih mirip jurnal penelitian. Buku ini terasa seperti kumpulan jurnal penelitian tentang sejarah Bali dibandingkan pembahasan sejarah Bali. Padahal saya menginginkan buku sejarah yang menarik seperti buku Sapiens. Akan tetapi buku ini tetap luar biasa karena merupakan intisari atas seluruh hasil penelitian sejarah di Bali selama ini dan bisa dijadikan rujukan sejarah Bali yang komprehensif.

7. Wealth Management Produk dan Analisis

IMG_9023

Saya tidak terlalu bercita-cita menjadi konsultan keuangan, tetapi buku ini tetap menarik untuk dibaca terutama bagi yang ingin tahu bagaimana cara mengelola keuangan. Buku ini membahas investasi lebih lengkap daripada buku lain. Bahkan saya menghentikan membaca The Intelligent Investor, buku investasi legenda, untuk sementara karena saya masih belum paham isinya secara utuh. Diharapkan setelah membaca buku ini, saya bisa memahami isi buku yang disebut mengubah hidup Warren Buffett.

8. The Age of The Platform

IMG_9027

Penulis: Phil Simon

Saya membeli buku ini karena harganya sangat murah, hanya Rp 15.000 saat diskon cuci gudang, dan isinya sangat menarik. Buku ini membahas tentang platform empat perusahaan teknologi raksasa yaitu Amazon, Apple, Facebook, dan Google. Buku ini membahas mengapa perusahaan ini bisa sukses secara berkelanjutan dan memberi manfaat ke semua orang sehingga semua orang tidak bisa lepas dari platform ini. Buku ini juga memberi tips bagaimana membangun sebuah platform yang sukses, meskipun tidak sesukses 4 “gerombolan besar” tersebut.

9. Pemrograman Web

IMG_9029

Penulis: Priyanto Hidayatullah dan Jauhari Khairul Kawistara

Saya membeli buku ini sebagai persiapan membuat sebuah web agar bisnis saya naik ke level selanjutnya. Buku ini juga saya jadikan pengantar ke dunia pemrograman yang masih sangat belum saya pahami. Saya berharap bisa bersaing di masa depan menghadapi industri 4.0, otomatisasi, robotisasi, dan komputerisasi dengan skill pemrograman. Setelah membaca dan mempraktekkan isi buku ini, baru saya membeli buku pemrograman komputer dan Android.

No comments:

Post a Comment