8 Hal yang Saya Ketahui Ketika 10 Tahun Jadi Blogger

Sudah kurang lebih 10 tahun saya menjadi blogger. Dimulai sejak saya SMP, obsesi saya dengan membuat website sendiri dan menghasilkan uang dari internet membawa saya ke dunia blog. 3 buku pertama saya mengantarkan saya ke dunia blog yaitu buku tentang cara mendapatkan uang dari internet, cara membuat blog (kala itu Blogger, Wordpress, Joomla, dan Multiply), dan tips SEO. Awalnya buat blog hanya sekedar iseng karena saya hobi membuat kliping (yang berarti saya suka mengumpulkan informasi dan menyalurkannya ke blog). Saat itu saya masih berkutat di dunia P.T.C. yang tak jelas masa depannya. Setelah menyadari satu artikel saya tiba-tiba populer (viral dalam bahasa kekinian), saya mulai membuat artikel dengan topik serupa. Saya terus membuat sampai mendapat iklan pertama dan menghasilkan hingga kini. 10 tahun saya rasa cukup banyak tapi belum cukup. Untuk menjadi ahli di suatu bidang, seseorang butuh 10.000 jam terbang, yang saya pikir itu sekitar 20 tahun pengalaman. Berarti saya baru setengah jalan. Tetapi saya mencoba membagi sedikit dari apa yang saya dapat setelah 10 tahun menjadi blogger. Langsung saja kita simak yang pertama:

TIps blog

1. Membaca itu Penting!

Ketika kamu ingin masuk ke dunia blog, kamu harus membeli sebuah buku tentang blog. Buku fisik yang ada di toko buku. Ikuti tutorial dalam buku itu. Jadikan buku itu pengantar ke dunia blogging. Saran saya beli juga buku tentang SEO, karena itu penting supaya blog Anda lebih banyak dikunjungi orang. Ketika kamu menemui hambatan yang tidak ada di buku, baru kamu cari di internet. Kenapa buku terlebih dahulu? Karena di internet, informasi dan pengetahuan tersedia sangat banyak dan tercecer sehingga kamu akan kebingungan mulai dari mana. Kini saya ingin belajar membuat website dan saya awali dengan sebuah buku tentang itu.

2. Awali dengan Blog Gado-Gado

Anda tidak perlu pusing dengan topik apa yang harus dibuat untuk blog pertama Anda. Tulis saja apapun yang kamu ingin tulis! Tapi sebaiknya diisi dengan hal yang berkaitan dengan hobi atau profesi kamu saat ini. Opini juga bagus dimasukkan ke dalam blog atau pengalaman hidup kamu yang mungkin berguna bagi orang banyak. Ketika ganti topik, jangan menghapus artikel lama hanya karena bertentangan dengan topik yang baru. Biarkan artikel blogmu berkembang seiring pengetahuan kamu. Tiap akhir tahun, cek di statistik artikel apa saja yang populer. Mungkin topik yang berkaitan dengan artikel itu adalah passion kamu dan layak kamu teruskan.

3. Jangan Menjiplak

Jangan sekali-kali kamu menyalin satu tulisan di blog/website/koran/buku lain ke blog kamu. Itu akan berdampak buruk bagi SEO. Ketika kamu ingin menjiplak artikel orang, bacalah artikel mereka kemudian tulis kembali dengan kata-kata kamu sendiri disertai dengan fakta/opini menurut kamu. Kolaborasikan berbagai sumber artikel ke dalam tulisan kamu. Tiap artikel pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tambahkan kelebihannya ke artikel blog kamu dan hindari kekurangannya. Hasilnya pasti berupa satu artikel orisinil yang berkualitas lebih baik daripada artikel blog lain.

4. Konten Adalah yang Terpenting!

Konten adalah nomor 1 dalam sebuah blog. Karena tujuan orang mengunjungi blog kamu adalah untuk menggunakan konten kamu. Baik untuk dibaca maupun untuk referensi. Pastikan konten kamu berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pengunjung.

5. Promosi Blog Tidak Berpengaruh Signifikan

Selama ini, saya tidak terlalu serius mempromosikan blog saya di media sosial atau melalui promosi apapun. Saya pernah melakukan promosi media sosial, namun tetap saja tidak signifikan. Justru blog saya yang menaikkan pamor media sosial saya, bukan media sosial saya yang menaikkan pengunjung blog saya. Mayoritas pengunjung blog saya berasal dari mesin pencari, yang berarti kembali ke poin nomor 4, konten adalah yang terpenting.

6. Jangan Terlalu Memikirkan Iklan

Masalah iklan jangan diambil pusing, tetap fokus pada konten. Buat satu laman pasang iklan agar mereka yang tertarik memasang iklan langsung ke blog Anda bisa langsung menghubungi Anda. Sudah ada banyak platform iklan yang bagus seperti Google Adsense, Adnow, dll. Cukup pasang dan tinggalkan. Kembali ke konten.

7. Setelah Blog Pertama Sukses Berpenghasilan (Walau Sangat Sedikit), Segera Buat Blog Baru dalam Bentuk Website

Blog pertama sebaiknya harus yang gratisan agar tidak terlalu ribet mengurusnya dan menguras dana Anda. Ketika blog tersebut sudah mulai ramai, baru pertimbangkan membuat blog dengan website. Website tampak lebih profesional dan lebih bisa dipercaya ketimbang blog gratisan. Cobalah, tidak sulit kok!

8. Sekali Lagi, Tetap Suka Membaca

Ketika blog kamu sudah sukses, kamu mestinya lebih sering membaca lagi untuk meningkatkan ilmu kamu akan topik blog kamu. Membaca juga penting untuk mencari ilmu baru yang mungkin saja bisa kamu tulis. Jangan pernah berhenti membaca.

2 comments:

  1. penghasilan per bulannya udah nyentuh berapa bang? pasti udah PO tiap bulan ya :)

    ReplyDelete
  2. Pasti sudah diatas 20jt per bulan... mantap (y)

    ReplyDelete