15 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

loading...

Lemak adalah satu dari tiga makronutrien utama tubuh bersama dengan karbohidrat dan protein. Lemak juga disebut trigliserida yang merupakan ester dari tiga rantai asam lemak dan gliserol. Lemak dan lipid sesungguhnya berbeda. Lemak mengacu pada lemak padat pada suhu kamar. Sedangkan lipid adalah istilah umum yang terdiri dari lemak, lilin, sterol, vitamin yang larut dalam lemak, monogliserida, digliserida, trigliserida, fosfolipid, dan lain-lain. Lemak banyak terdapat pada susu, minyak sayur, biji-bijian minyak, dan daging hewan. Berikut adalah beberapa fungsi lemak bagi tubuh manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Fungsi lemak

  1. Mengatur proses yang berlangsung dalam tubuh secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Sebagai sumber energi. Sumber energi yang berasal dari lemak adalah yang paling murah, sedangkan yang termahal berasal dari protein. Satu gram lemak memiliki 9,3 kalori. (Baca juga: Siklus Krebs (Artikel Lengkap))
  3. Sebagai pelumas di antara persendian.
  4. Penghasil asam lemak esensial yaitu linoleat, linolenat, dan arakhidonat.
  5. Sebagai penguat rasa makanan dan membuat kenyang lebih lama karena lebih lambat dicerna. (Baca juga: Lemak Dicerna Secara Kimiawi di Usus Halus Dengan Cara Apa?)
  6. Melindungi tubuh dari perubahan suhu, terutama suhu dingin. Karena lemak dapat menahan panas tubuh supaya tidak keluar. Lemak tersebut berada pada lapisan subkutan kulit (lapisan terbawah kulit).
  7. Asam lemak berfungsi sebagai prekursor prostaglandin yang berperan mengatur tekanan darah, denyut jantung, dan lipolisis.
  8. Sebagai cadangan makanan. Lemak dapat disimpan jika jumlahnya berlebih untuk digunakan tubuh bila diperlukan. Namun jika terus menerus disimpan, akan menyebabkan kegemukan.
  9. Lemak juga membantu protein. Kehadiran lemak membuat fungsi protein dalam tubuh dapat digunakan untuk hal lain dibandingkan hanya memberikan energi, seperti menumbuhkan otot dan memperbaiki sel.
  10. Lemak tidak jenuh dapat membantu memperlancar buang air besar.
  11. Membantu pertumbuhan sel otak.
  12. Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K.
  13. Membentuk struktur tubuh.
  14. Menjaga kesuburan wanita.
  15. Menunjang produksi hormon.

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau langsung saja lewat komentar dibawah :)
loading...

No comments:

Post a Comment

close