10 Contoh Paragraf Deskripsi (Artikel Lengkap)

loading...

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang merangsang panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan penulis. Tujuan paragraf deskripsi adalah untuk menjelaskan suatu objek kepada pembaca tanpa menggunakan bantuan seperti gambar dan video. Meskipun demikian, penggunaan gambar dan video dapat memperkuat penggambaran. Berikut adalah beberapa contoh paragraf deskripsi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Bahasa Indonesia (Artikel Lengkap)

Contoh Paragraf Deskripsi

1. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung adalah sebuah pantai yang terletak di desa Kutuh, Bali. Tepatnya berada di pantai selatan pulau Bali sebelah timur pantai Pandawa yang terkenal itu. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan pantai Pandawa. Pantai ini tidak terletak di gunung, melainkan dinamakan karena berada di kawasan Pura Gunung Payung. Harga tiket masuknya tergolong murah bagi wisatawan lokal. Saat memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhkan oleh hamparan lapangan golf di sisi kiri dan kanan jalan yang amat hijau menyejukkan mata. Sesampainya di tempat parkir, terdapat pedagang yang tertata rapi yang dibelakangnya terdapat wantilan (balai) berukuran besar yang dilatar belakangi kemegahan Pura Gunung Payung. Tempat ini sangat tertata. Tempat parkirnya sudah di paving dan masih terdapat beberapa konstruksi untuk mengembangkan pantai ini. Terdapat toilet yang bersih dan rapi di sebelah pura. Untuk memasuki kawasan pantai, Anda harus melewati jalan setapak mengitari amfiteater (yang saat ini masih dalam pengerjaan) yang di sisi kanan dan kiri terdapat tebing kapur dengan tanaman lee kuan yew yang menjuntai. Sungguh indah. Setelah beberapa meter berjalan, Anda dapat langsung menikmati panorama pantai Gunung Payung dari atas tebing. Sungguh menakjubkan! Untuk menuju pantai, Anda harus melewati puluhan anak tangga yang berliku-liku. Cukup menantang. Namun sesampai di bawah, rasa lelah terbayarkan dengan keindahan pasir pantai yang putih dan air pantai yang bersih bening. Pantai ini tergolong baru dikembangkan jadi tidak terlalu ramai.

2. Ruang Kerjaku

Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Saya melakukan bisnis online sehingga saya bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. Terdapat kaca jendela besar menghadap ke timur sehingga saya bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah. Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan. Saya memilih tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap langsung ke jendela supaya saya mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi. Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, sampai non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di dekat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman dingin atau cemilan.

3. Tiang Bendera

Sekolahku memiliki tiang bendera dengan tinggi sekitar 7 meter. Letaknya berada di sebelah barat lapangan. Tiang tersebut terbuat dari besi dan dicat putih. Di bawahnya terdapat podium berukuran besar dengan bahan batu granit. Konon junior di sekolah ini dilarang menginjak podium itu. Jika melanggar, akan dikenakan sanksi oleh OSIS sekolah. Setiap hari Senin diadakan upacara bendera. Bendera kemudian diturunkan pada sore harinya.

4. Gajah

Gajah adalah mamalia darat terbesar yang dikenal karena memiliki belalai dan gading. Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat memakan semua jenis vegetasi seperti rumput, daun, dan buah. Hewan ini memiliki kulit berambut tipis, empat kaki, memiliki ekor, dan bertelinga lebar. Gajah biasanya hidup berkelompok. Karena memiliki daun telinga yang lebar, pendengaran gajah menjadi sangat sensitif sehingga mampu mendengar suara dari jarak sekitar sepuluh kilometer. Hewan ini termasuk hewan langka yang dilindungi. Banyak pemburu mengincar gajah karena harga gadingnya yang sangat mahal.

5. Kucingku

Baca juga: 10 Contoh Paragraf Induktif

Aku memiliki seekor kucing persia. Namanya Lusi. Bulunya didominasi oleh warna putih dengan corak hitam. Ekornya panjang dan sangat menggemaskan. Lusi suka makan nasi dengan ikan. Lusi sangat suka bersikap manja padaku. Dia mengeong tiap kali lapar. Terkadang dia nakal dan menggangguku. Tetapi aku tetap sayang kepadanya.

6. Sungai Ayung

Sungai Yeh Ayung adalah sebuah sungai terpanjang di Bali. Dengan panjang 68,5 km, sungai ini melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Muara sungai ini terletak di sebelah utara Pantai Padang Galak, Sanur. Sedangkan hulu sungai berada di Kintamani, Bangli. Di kawasan Gianyar, Sungai Ayung dimanfaatkan untuk wisata rafting atau arung jeram. Sungai ini memang dikenal memiliki arus yang deras dan menantang sehingga banyak yang ingin melakukan arung jeram disana. Air dari sungai ini juga dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah di sekitarnya dengan sistem Subak.

7. Pohon Mangga

Aku memiliki pohon mangga di sudut tenggara rumah. Tingginya sekitar 4 meter dan sudah bercabang banyak. Ayahku secara rutin memangkasnya supaya tidak menjorok ke jalan dan rumah tetangga di sebelahnya. Saat musim berbuah, aku melindungi bakal buah dengan plastik supaya tidak dimakan binatang. Buahnya sangat manis dan nikmat. Aku sangat suka menaiki ranting pohonnya karena kuat dan bisa dijadikan tempat berteduh.

8. Kota Jakarta

Jakarta adalah ibukota Indonesia. Letaknya berada di delta Sungai Ciliwung di sebelah barat laut Pulau Jawa. Jakarta mendominasi pemerintahan, kebudayaan, dan perekonomian Indonesia. Jakarta juga memiliki penghubung berupa pelabuhan dan bandara terbesar di Indonesia. Dengan populasi sekitar 9 juta jiwa, Jakarta adalah kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Iklim kota ini panas dan lembab sepanjang tahun. Hujan terjadi sepanjang tahun, dengan intensitas tertinggi mulai dari November hingga Mei. Rata-rata curah hujan di Jakarta adalah 1.790 mm. Kota ini cenderung cekung dan berada di dataran rendah, sehingga banjir seringkali terjadi.

9. Kamusku

Baca juga: 4 Ciri-Ciri Ringkasan yang Baik

Aku memiliki sebuah kamus yang di dalamnya berisi Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris sekaligus Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia. Aku mendapatkannya pada hari ulang tahunku yang ke-10. Sampul luar berwarna kuning. Tebalnya mencapai 500 halaman dan sangat lengkap. Aku mengandalkannya untuk mencari terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, semua istilah aku temukan disana. Bahkan terdapat kamus bergambar di bagian akhir.

10. Asus Zenfone 3

Asus Zenfone 3 adalah ponsel pintar keluaran Asus pada tahun 2016. Ponsel ini menarik karena memiliki desain yang berbeda dengan ponsel Asus seri sebelumnya. Ukuran layarnya cukup besar yaitu 5,2 inch. Ponsel ini tergolong tipis, yakni hanya 7,7 mm. Hal tersebut membuat ponsel ini cukup nyaman digenggam. Hanya saja sangat licin karena di sisi depan belakang terdapat kaca Gorila Glass dengan bentuk 2,5D sehingga agak melengkung di pinggirannya. Pada awal pemakaian seringkali saya menjatuhkannya. Namun ponsel ini cukup tangguh. Kameranya berisi kristal safir sehingga kuat dan elegan. Tombol volume dan power terletak di sebelah kanan. Ponsel ini termasuk unibody sehingga tidak bisa dilepas covernya. Slot memori dan kartu SIM terletak di sisi kiri. Di sisi atas terdapat 3,5 mm audio jack dan di sisi bawah terdapat port USB type C. Tombol utama berupa panel sentuh dan di belakangnya terdapat sensor sidik jari. Sekilas, ponsel ini tampak seperti iPhone 7.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

loading...

No comments:

Post a Comment

close