Mario Teguh Golden Ways: A Company of One

Mario Teguh Golden WaysSekarang saya akan mengulas kembali acara Mario Teguh Golden Ways edisi Minggu, 02 Desember 2012. Temanya kali ini adalah A Company of One. Saya akan memberikan poin-poin yang mampu saya simak dalam acara ini. Saya akan menggunakan gaya bahasa saya sendiri dan mungkin kurang akurat. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

A Company of One, sebuah bisnis yang isinya ditentukan oleh Anda. Jadi, Anda yang akan menentukan harga diri Anda. Disini kita akan dituntun untuk menjadi pribadi yang kaya dan dermawan karena bisa memanajemen diri kita sendiri.

Bagaimana supaya nama kita ada harganya. Jika Anda sebutkan merk mobil, pasti Anda akan menanyakan harganya. Harga diri juga ditentukan oleh personal branding (merk). Hilangkan kerendahan hati palsu yang menghalangi kesuksesannya. Contohnya adalah jangan berkata “aku tidak butuh uang” meskipun itu termasuk rendah hati tapi itu palsu. Orang tidak akan menjadi kaya dan dermawan jika orang itu suka mengumbar kerendah hatian yang palsu. Karena setiap kata yang Anda ucapkan itu adalah doa maka jika Anda berkata tidak membutuhkan uang, maka Anda tidak akan pernah diberikan uang oleh Tuhan. Jadilah pribadi yang dermawan. Setiap orang pasti ingin menjadi pribadi yang kaya tapi dermawan. Tuhan menginginkan kita untuk menjadi orang kaya.

Buktikan bahwa Anda salah. Karena orang yang mengaku salah cenderung tidak marah dan lebih tenang. Orang yang selalu mengaku benar akan selalu kecewa jika gagal. Berapa banyak orang yang tidak berhasil karena hanya memikirkan keberhasilan sehingga persiapan terhadap kegagalan diabaikan. Gagal itu tanda dari Tuhan bahwa ini bukanlah pilihan terbaik. Jika Anda gagal mendapatkan seorang kekasih. Berarti itu bukanlah yang terbaik buat Anda. Tetapi, kenapa marah?

Dalam berbisnis, modal utama dalam bisnis adalah diri Anda sendiri. Banyak orang yang tidak ada ketika bisnis itu datang. Jadilah pribadi yang ada.

Berani gagal mendekatkan diri kita kepada keberhasilan

Waktu orang mengirimkan uang. Yang paling penting adalah nilainya, rekening PENERIMA. Dan semoga penerima uang itu adalah kita. Kita bisa saja dikirimi uang oleh banyak orang. Nah pertanyaannya adalah mengapa atau untuk apakah mereka mengirimkan uang kepada kita? Pertama adalah alamatnya. Rejeki Tuhan dapat berupa banyak bentuk. Alamatnya adalah pujian dan doa. Kita seringkali tidak sadar bahwa alamat kita untuk menerima rejeki dari Tuhan adalah hati kita. Banyak yang berkata “apalah arti sebuah nama” tetapi selanjutnya mereka akan menyadari bahwa pentingnya sebuah nama. Semua orang yang tidak menyukai nama tidak punya nama. Kita harus bisa mengelola nama kita. Banyak perusahaan yang bangkrut karena mengabaikan sebuah nama. Jangan menelantarkan nama baik kita.

Ada rejeki dari sudut-sudut yang tidak kita duga. Pertumbuhan usia kita seringkali tidak sejalan dengan pertumbuhan rejeki dan kemuliaan kita. Itu karena kita telah melakukan berbagai kesalahan dan dosa-dosa bahkan sejak kecil. Orang-orang yang melakukan kesalahan, minta maaf. Supaya rejeki kita bertumbuh. Yang baik belum tentu baik untukmu dan yang tidak baik belum tentu tidak baik untukmu.

Janganlah hanya terpaku kepada yang Anda sukai dan yang Anda rencanakan. Karena itu belum tentu yang terbaik untuk Anda.

Bukan penikmatan kekayaan. Tetapi penggunaan kekayaan. Katakanlah dalam doa “Tuhanku, saudaraku dan orangtuaku butuh uang”. Mana lebih baik dibandingkan “Tuhanku, aku butuh uang”?

Yang mubazir dalam kehidupan adalah harta yang tidak digunakan untuk membantu orang lain.

Orang bernilai adalah orang pandai. Orang pandai belum tentu bernilai. Apakah pekerjaanmu menyehatkan orang lain? Jadi nilai lebih luas dibandingkan apapun. Nilai terhadap Tuhan adalah yang terpenting dan yang terpenting bagi Tuhan adalah kita yang bernilai bagi sesama.

Kekayaan adalah efek, akibat. Sebabnya adalah peranan Tuhan. Jika orang yang mementingkan janji, yang didapat hanyalah janji. Jika orang yang mementingkan profesionalisme dan kemampuan, maka gaji bukanlah merupakan hal yang penting karena ia akan dibayar tinggi dimanapun.

Bukti bahwa nilai kita dihadapan Tuhan itu tinggi adalah kita bernilai bagi sesama.

Bagaimana agar penghasilan kita meningkat terus? Jangan main-main dengan kelas. Karena itu adalah penghargaan. Penghormatan kepada diri sendiri adalah wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Mati ide itu tidak lebih buruk dari mati gaya. Orang yang mati ide itu berarti dia merasa harus pintar untuk berhasil. Orang yang mati ide itu karena mereka ragu atau khawatir. Santai saja dan ikhlaslah.

Bagi orang yang tinggal di lingkungan yang tidak memungkinkannya untuk tumbuh ada satu kata, yaitu ‘dikeluarkan’. Dikeluarkan maksudnya dikeluarkan menuju tempat yang lebih baik, yang terhormat, dan yang lebih pantas/layak. Jadilah orang yang kemanfaatannya diketahui Tuhan terlalu besar bagi lingkungannya supaya Anda dikeluarkan.

Jadilah orang yang kemanfaatannya diketahui Tuhan terlalu besar bagi lingkungannya.

Apa bisnis itu membutuhkan bakat? Memang bakat itu perlu. Bakat adalah kemampuan Anda untuk melakukan sesuatu dengan sangat mudah dan menyenangkan sementara orang lain sulit melakukannya. Orang yang membakati orangnya positif, merasa santai kalau salah, dan selalu mencari ilmu dan mengembangkan kemampuannya. Syukuri, setiap perbedaan Anda ada kebaikannya tersendiri. Seperti lukisan. Meski tidak mirip dengan aslinya, tetapi jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan ‘dilukis’ oleh printer.

Dalam bisnis, kenali apa ada pelanggan, apakah itu banyak, dan apakah itu bertumbuh.

Untuk berhasil, Anda tidak harus menggunakan cara yang sama. Gunakan cara yang berbeda dan menyenangkan.

Uang adalah alat tukar. Sebagai bisnis, Anda harus mempunyai alat tukar uang. Tetapi apakah kualitas menentukan harga? Syarat minimal harga adalah kualitas. Tetapi ada harga emosional. Usahakan supaya mereka merasa bangga dengan produk Anda dan makin bangga lagi jika dia memiliki produk Anda. Kembangkan harga itu.

Jika Anda ingin menjadi magnet rejeki. Rejeki itu dimiliki oleh orang-orang. Sekarang, Anda tinggal menariknya. Anda harus membangun daya tarik untuk melakukan sesuatu yang mereka bayar. Magnet rejeki adalah happy people. Mulailah dari kebahagiaan Anda kemudian lanjutkan dengan membangun nilai yang dihargai orang.


Sebagian besar orang yang kenal Anda tidak tahu guna Anda baginya.

Kita itu bangga kalau kenal orang. Padahal yang terpenting dari orang adalah orang yang mengenal Anda. Promosi. To promote itu taruh di depan. Kenalkan diri Anda. Manfaatkan orang-orang besar untuk memanfaatkan Anda. Bersyukurlah kalau kita kaya di dalam hati kita. Setiap kata Anda berpengaruh kepada Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Artikel Motivasi

loading...

No comments:

Post a Comment