Pengertian Standar Deviasi (Artikel Lengkap)

Dalam statistika, standar deviasi adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur jumlah variasi atau sebaran sejumlah nilai data.

Semakin rendah standar deviasi, maka semakin mendekati rata-rata, sedangkan jika nilai standar deviasi semakin tinggi maka semakin lebar rentang variasi datanya. Sehingga standar deviasi merupakan besar perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata.


Standar deviasi juga disebut simpangan baku dan disimbolkan dengan alfabet Yunani sigma σ atau huruf Latin s. Dalam bahasa Inggris, standar deviasi disebut standard deviation.

Standar deviasi juga menyatakan keragaman sampel dan dapat digunakan untuk mendapatkan data dari suatu populasi. Misalnya ketika kita ingin mengetahui nilai yang didapat siswa di suatu kabupaten dengan populasi siswa 50.000 orang, maka diambil sampel 5.000 orang. Dari hasil riset sampel didapat data dengan standar deviasi tertentu. Semakin besar standar deviasi, maka keragaman sampel semakin besar.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

4 comments:

  1. kalau rumus yang digunakan adalah ( Sebuah titik - rata2 data )/ Std Deviasi. Apa guna dari standar deviasi tersebut?

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  3. sangat membantu .. terima kasih penjelasannya

    ReplyDelete