7 Fungsi Bronkus

Bronkus adalah persimpangan antara tenggorokan dan paru-paru. Letaknya di bawah trakea. Bronkus memiliki 2 cabang. Yang satu menuju paru-paru kiri, dan yang satunya lagi menuju paru-paru kanan. Fungsi utama bronkus mirip seperti “pipa” yang membawa masuk dan keluar udara dari dan ke paru-paru. Bronkus tidak berfungsi sebagai tempat pertukaran gas. Berikut adalah beberapa fungsi bronkus. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sistem Pernapasan pada Manusia (Artikel Lengkap)
fungsi bronkus
  1. Sebagai saluran utama menuju alveolus.
  2. Menangkap debu yang hendak masuk ke paru-paru. Dinding bagian dalam bronkus yang dilapisi lendir dapat membuat partikel asing dan debu menempel di lapisan lendir tersebut.
  3. Mengeluarkan debu dan partikel asing dari paru-paru dengan bantuan silia (bulu-bulu halus bergetar) yang banyak terdapat di dinding bronkus.
  4. Sebagai konduktor udara antara atmosfer dan alveoli.
  5. Menghubungkan tenggorokan dan paru-paru.
  6. Baca juga: 6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya
  7. Mencegah infeksi paru-paru dengan mencegah partikel/bakteri penyebab infeksi masuk ke paru-paru.
  8. Membantu paru-paru untuk bernapas lebih dalam dan lebih cepat setelah berolahraga atau setelah melakukan pekerjaan berat. Ketika kondisi tubuh sangat letih, tubuh akan melepaskan hormon norepinefrin yang dapat membuat otot polos bronkus beristirahat sehingga lebih banyak lagi udara yang masuk ke paru-paru.


Sumber:

  1. Apa fungsi dari Hidung, Laring, Faring, Trakea, Bronkus, Bronkiolus, Alveolus, dan paru-paru? (http://brainly.co.id/tugas/20185)
  2. Fungsi bronkus (http://fungsi.web.id/2015/02/fungsi-bronkus.html)
  3. Bronchus (https://en.wikipedia.org/wiki/Bronchus)
  4. Perbedaan antara bronkus dan bronkiolus (http://kliksma.com/2014/10/perbedaan-antara-bronkus-dan-bronkiolus.html)
  5. Fungsi Bronkus (http://www.biologi-sel.com/2013/06/fungsi-bronkus.html)
  6. Anatomi Bronkus dan Fungsinya (http://www.sridianti.com/anatomi-bronkus-dan-fungsinya.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment