Pengertian Wira (Artikel Lengkap)

Wira adalah sebuah kata dasar yang berarti “kepahlawanan”. Istilah ini menjadi kata dasar dari “wirausaha” dan “perwira”. Ada juga beberapa orang yang bernama Wira. Kata Wira dieja wi-ra.

1. Asal Mula Kata Wira

Etimologi kata “wira” berasal dari bahasa Sangiang yang berarti “berani” yang berasal dari bahasa Sansekerta (Sanskrit) yang juga berarti “berani”.

2. Arti Kata Wira

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wira adalah nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Pahlawan, laki-laki
  2. Sifat jantan (berani), perwira

3. Turunan Kata Wira

Kata “wira” dapat diturunkan menjadi beberapa kata seperti berikut:

  1. Wirausaha dan wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. (Selengkapnya: Pengertian Wirausaha (Artikel Lengkap))
  2. Kewiraan adalah kepahlawanan, kemiliteran, atau pendidikan masuk perguruan tinggi.
  3. Perwira adalah gagah dan perkasa.

4. Arti Nama Wira

Nama Wira adalah nama laki-laki yang bermakna “pahlawan” dan “jantan”. Nama tersebut diberikan dengan harapan anak tersebut akan menjadi pahlawan yang jantan. Selain sebagai nama orang, beberapa perusahaan dan merek produk juga menggunakan nama Wira.


Referensi:

  1. wira (http://kbbi.web.id/wira)
  2. smk wira buana (https://www.facebook.com/smkwirabuanabgr/posts/452957614785397)
  3. Definisi 'wira' (http://www.artikata.com/arti-356709-wira.html)
  4. Pengertian Wirausaha (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/08/pengertian-wirausaha-artikel-lengkap.html)
  5. Perwira (https://id.wikipedia.org/wiki/Perwira)
  6. Arti Nama Wira - Kamus Nama Bayi, Orang, Perusahaan, Produk, dll (http://www.organisasi.org/1970/01/arti-nama-wira-kamus-nama-kata-dunia.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment