25 Orang Terkaya di Dunia 2018 Beserta Profil dan Sumber Kekayaan

Kekayaan seseorang tidak hanya dihitung atas jumlah riil uang yang mereka miliki. Melainkan juga aset yang mereka miliki seperti saham, properti, emas, dan investasi lainnya. Maka, jangan membayangkan uang mereka berapa tumpuk atau jumlah digit rekening mereka. Bisa jadi mereka hanya punya sedikit uang tunai di dompetnya atau rekeningnya. Berikut adalah daftar 25 orang terkaya di dunia terkini (14 Juni 2018) menurut Forbes beserta profil dan sumber kekayaan mereka. Jumlah kekayaan diambil dari real time net worth dari Forbes diambil tanggal 14 Juni 2018. Semoga bisa jadi inspirasi bagi kita semua. Langsung saja kita simak yang pertama:

Orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah orang terbaru yang menempati peringkat orang terkaya nomor 1 di dunia setelah menyalip kekayaan Bill Gates. Ia juga adalah orang pertama yang memiliki kekayaan di atas 112 miliar USD (lebih dari 1.500 triliun Rupiah). Sumber kekayaan utamanya berasal dari 16% kepemilikan sahamnya di Amazon yang ia dirikan pada 1994. Amazon adalah perusahaan e-commerce dan komputasi awan yang sangat sukses di dunia. Tidak hanya itu, Amazon juga memiliki banyak anak perusahaan lain seperti Alexa Internet, Audible Inc, Goodreads, IMDb, Zappos, dll. Saat ini Bezos masih menjabat sebagai CEO Amazon.

2. Bill Gates

Bill Gates

Bill gates dikenal sebagai orang terkaya di dunia selama ini, meskipun sudah disalip beberapa kali. Sumber kekayaannya berasal dari lebih dari 1% kepemilikan sahamnya di Microsoft, investasi di beberapa saham di bawah Cascade Investments LLC, dan beberapa aset lainnya. Akhir-akhir ini ia telah menjual atau menyumbangkan banyak sahamnya di Microsoft. Saat ini ia masih menjadi dewan komisaris di Microsoft, perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1975. Meskipun saat ini Gates lebih sibuk di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Kekayaannya mencapai 90 miliar USD.

3. Warren Buffett

Warren Buffett
Baca juga: 10 Nasehat Dari Orang Terkaya Ke-2 di Dunia

Warren Buffett adalah seorang investor yang sukses. Ia berinvestasi melalui perusahaan Berkshire Hathaway, yang memiliki lebih dari 60 perusahaan termasuk asuransi Geico, produsen baterai Duracell, dan Dairy Queen. Perusahaan tersebut juga memiliki saham minoritas di Kraft Heinz COmpany, American Express, Wells Fargo, The Coca-Cola Company, Bank of America, dan Apple. Fakta uniknya, Buffett memulai investasi dengan membeli saham di usia 11 tahun. Saat ini dia masih menjabat sebagai CEO Berkshire Hathaway. Buffett telah berkomitmen menyumbangkan lebih dari 99% kekayaannya ke yayasan, saat ini ia telah menyumbangkan sebanyak 32 miliar USD ke Bill & Melinda Gates Foundation. Meskipun demikian, kekayaannya masih tinggi yakni 84 miliar USD.

4. Bernard Arnault

Bernard Arnault

Bernard Arnault adalah CEO Moet Hennessy Louis Vuitton (LVMH) yang merupakan induk dari 70 merek fesyen dan wine ternama seperti Louis Vuitton, Dior, Givenchy, Fendi, Marc Jacobs, Bulgari, Hublot, dll. Kekayaannya mencapai 85,8 miliar USD, menyalip kekayaan orang terkaya di bidang fashion sebelumnya yaitu Amancio Ortega.

5. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah orang terkaya termuda di daftar ini. Ia lahir pada tanggal 14 Mei 1984 yang berarti usianya kini 34 tahun (2018). Ia merupakan pendiri dan CEO Facebook yang juga menaungi Instagram, WhatsApp, dan Oculus VR. Sehingga Zuck bisa disebut sebagai orang terkaya dalam bidang media sosial. Kekayaannya mencapai 71 miliar USD.

6. Amancio Ortega

*maaf, tidak ada gambar

Amancio Ortega adalah salah satu orang terkaya di Eropa dan peritel terkaya di dunia. Kekayaannya bersumber dari kepemilikan 60% saham di Inditex yang menaungi beberapa brand fashion ternama seperti Zara, Bershka, dan Pull & Bear. Selain itu, dividen yang ia peroleh juga diinvestasikan ke sektor properti di Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami, dan New York. Saat ini ia telah pensiun dan menikmati kekayaannya mengingat usianya yang sudah 82 tahun (2018). Kekayaannya mencapai 70 miliar USD.

7. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu adalah orang terkaya di Meksiko bahkan pernah menjadi orang terkaya di dunia dari tahun 2010 hingga 2013. Kekayaannya berasal dari American Movil, perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin. Ia juga memiliki saham di perusahaan konstruksi, produk konsumer, pertambangan, dan perusahaan properti di Meksiko, serta 17% saham New York TImes. Kekayaannya mencapai 67,1 miliar USD.

8. Charles Koch

*maaf, tidak ada gambar

David KochCharles Koch adalah CEO Koch Industries, perusahaan konglomerat yang bergerak di bidang manufaktur, pengilangan, dan distribusi minyak, bahan kimia, energi, serat, polimer, mineral, pupuk, kertas, keuangan, perdagangan, dan investasi.

9. David Koch

David Koch adalah saudara Charles Koch dan menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif Koch Industries. Keduanya masing-masing memiliki kekayaan sebesar 60 miliar USD.

10. Larry Ellison

Larry Ellison

Larry Ellison adalah pendiri dan CTO perusahaan Oracle, sebuah perusahaan multinasional yang fokus pada software dan teknologi database, sistem komputasi awan, dan perangkat lunak. Pada tahun 2015, perusahaan ini menjadi perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar kedua di dunia setelah Microsoft. Kekayaan Ellison mencapai 58,5 miliar USD.

Michael Bloomberg11. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah CEO dari Bloomberg, sebuah perusahaan perangkat lunak keuangan, data, dan media. Ia memiliki 88% saham di Bloomberg yang ia dirikan pada tahun 1981. Ia memulai karirnya di Wall Street pada tahun 1966 sebagai broker, ia dipecat 15 tahun kemudian dan langsung mendirikan Bloomberg. Kekayaan Bloomberg mencapai 50 miliar USD.


12. Larry Page

Larry Page (kiri) dan Sergey Brin (kanan)

Larry Page adalah CEO Alphabet, sebuah induk perusahaan yang menaungi Google, Nest, dll. Semua pasti tahu Google. Ia mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998. Kekayaannya sebesar 48,8 miliar USD.

13. Sergey Brin

Sergey Brin adalah Presiden Alphabet. Ia juga pendiri Google bersama Larry Page. Kekayaannya sedikit lebih rendah dari rekannya yakni 47,5 miliar USD.

14. Jim Walton

(dari kiri ke kanan) Alice Walton, Jim Walton, dan S. Robson Walton

Jim Walton adalah anak termuda dari pendiri raksasa ritel Walmart, Sam Walton. Ia kini menjadi CEO Arvest Bank Group Inc., perusahaan bank yang dimiliki keluarganya. Selama lebih dari satu dekade ia menjadi dewan di Walmart yang kemudian digantikan oleh anaknya. Kekayaannya mencapai 46,4 miliar USD.

15. S. Robson Walton

S. Robson Walton adalah direktur Walmart dan merupakan anak tertua Sam Walton. Ia bersama ahli waris Sam Walton hanya memiliki kurang dari setengah saham Walmart. Kekayaannya mencapai 46,2 miliar USD.

16. Alice Walton

Alice Walton adalah chairman Crystal Bridges Museum of American Art dan merupakan satu-satunya anak perempuan pendiri Walmart Sam Walton. Ia lebih fokus menjadi kurator ketimbang bekerja untuk Walmart seperti saudaranya. Kekayaannya mencapai 40,1 miliar USD menjadikannya wanita terkaya di dunia. Sebagian kekayaannya berasal dari kepemilikan saham di Walmart dan koleksi seni pribadinya yang disimpan di museum miliknya.

17. Ma Huateng

Ma Huateng

Ma Huateng adalah orang terkaya di Tiongkok dan Asia. Ia menjadi pendiri dan CEO Tencent Holding, sebuah raksasa perusahaan internet di Tiongkok yang kini bersaing dengan Alibaba. Tencent memiliki beragam produk mulai dari sosial media, pesan instan, media massa, portal web, e-commerce, peramban web, perangkat lunak antivirus, kecerdasan buatan, musik, sistem pembayaran, produksi film, dan permainan daring. Kekayaannya mencapai 45,4 miliar USD. Kekayaannya sempat menyalip Larry Page dan Sergey Brin sehingga menjadi orang Tionghoa pertama yang masuk 10 besar orang terkaya di dunia Forbes.

18. Francoise Bettencourt Meyers

*maaf, tidak ada gambar

Francoise Bettencourt Meyers adalah pemegang 33% saham L’Oreal, perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Ia merupakan wanita terkaya di Eropa. Kekayaannya mencapai 48,8 miliar USD.

19. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani

Mukesh Ambani adalah pendiri dan chairman Reliance Industries Ltd., perusahaan minyak dan gas yang menjadi perusahaan paling bernilai di India. Ia memegang 44,7% saham perusahaan tersebut. Reliance Industries bergerak di sektor pengilangan minyak, petrokimia, oli, dan gas. Perusahaan tersebut juga memiliki anak usaha Reliance Retail yang merupakan perusahaan ritel terbesar di India. Kekayaannya mencapai 40,1 miliar USD.

20. Jack Ma

Jack Ma

Jack Ma adalah pendiri dan pejabat eksekutif Alibaba Group, perusahaan konglomerasi teknologi. Awal karirnya, ia sempat ditolak 30 pekerjaan berbeda termasuk di KFC. Dia pernah mencoba masuk ke Harvard Business School sebanyak 10 kali dan gagal. Saat ini kekayaannya mencapai 43,1 miliar USD.

21. Sheldon Adelson

Sheldon Adelson

Sheldon Adelson adalah CEO Las Vegas Sands, perusahaan kasino terbesar di Amerika yang terintegrasi dengan resort yang termasuk hotel mewah, ritel, restoran, pusat hiburan, dan MICE. Perusahaan tersebut juga memiliki Marina Bay Sands di Singapura dan menjadi induk perusahaan Venetian Macao Limited. Ia juga memiliki perusahaan surat kabar Israel Hayom dan Las Vegas Review-Journal. Kekayaannya mencapai 43,8 miliar USD.

22. Steve Ballmer

Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah pemilik Los Angels Clippers, tim basket profesional Amerika Serikat yang bertanding di NBA. Namun ia lebih dikenal sebagai mantan CEO Microsoft dari tahun 2000 sampai 2014 menggantikan Bill Gates. Kekayaannya yang sebesar 39,7 miliar USD sebagian besar berasal dari saham Microsoft.

23. Li Ka-shing

Li Ka-shing

Li Ka-shing adalah chairman CK Hutchison Holdings, perusahaan konglomerat yang berpusat di Hong Kong. Perusahaan ini bergerak di sektor pelabuhan, ritel, infrastruktur, energi, dan telekomunikasi. Operator seluler Tri juga dimiliki perusahaan ini. Ia pernah mendapat keuntungan besar saat kerusuhan 1967 dimana banyak orang meninggalkan Hong Kong. Ka-shing langsung memborong banyak properti yang dijual murah saat itu karena ia percaya krisis politik hanya sementara dan harga properti akan naik. Kekayaannya saat ini mencapai 33,8 miliar USD.

24. Hui Ka Yan

*maaf, tidak ada gambar

Hui Ka Yan adalah chairman dari Evergrande Real Estate Group, perusahaan properti berbasis di Shenzhen, Tiongkok, dan tercatat di Hong Kong. Perusahaan ini memiliki 200 proyek kota di seluruh Tiongkok. Ia lahir di Henan, Tiongkok pada tanggal 9 Oktober 1958 dari keluarga di pedesaan. Kekayaannya mencapai 30,3 miliar USD.

Lee Shau Kee25. Lee Shau Kee


Lee Shau Kee adalah taipan properti Hong Kong dan pemilik saham mayoritas Henderson Land Development, perusahaan konglomerat yang bergerak di sektor properti, perhotelan, restoran, dan jasa internet. Ia lahir dalam keluarga miskin yang hanya mampu makan ikan atau daging dua kali sebulan. Kini kekayaannya mencapai 30,3 miliar USD.

No comments:

Post a Comment