6 Contoh Perubahan Sosial di Sekitar Kita

Perubahan sosial adalah perubahan kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi oleh masyarakat lain yang memasuki masyarakat tersebut dan lebih dipercepat lagi dengan adanya teknologi internet. Perubahan sosial dapat berupa cara berkomunikasi, gaya hidup, hubungan sosial, dll. Berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial di sekitar kita. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)
Contoh perubahan sosial di sekitar kita

1. Cara Berkomunikasi

Ini yang paling terlihat di masyarakat. Dengan adanya teknologi, seseorang bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dalam waktu yang sangat instan. Sehingga pertemuan tatap muka atau musyawarah semakin jarang terjadi kecuali dalam acara formal.

2. Cara Anak Bermain

Dahulu, anak-anak sangat suka bermain permainan tradisional selepas dari sekolah. Pada masa itu, teknologi gawai (gadget) belum secanggih sekarang. Namun saat ini, sulit menemui anak yang masih bermain permainan tradisional, terutama di kota atau daerah yang sudah terjamah teknologi. Orangtua lebih memilih memberikan anaknya gawai dibandingkan membiarkan anak berkeliaran di luar untuk bermain.
Baca juga: 7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial
Padahal bermain permainan tradisional dapat melatih kemampuan sosial anak karena sebagian besar permainan tradisional harus dimainkan oleh minimal 2 orang. Permainan tradisional tunggal juga lebih seru jika dimainkan bersama teman-teman. Sedangkan pada permainan pada gawai, anak hanya berinteraksi dengan komputer atau orang lain secara tidak langsung.

3. Sudah Mulai Ada Lingkungan Individualis

Hal ini seringkali terjadi di kompleks perumahan dimana semua penduduk disana heterogen. Komunikasi mungkin hanya terjadi pada tetangga terdekat saja atau bahkan tidak sama sekali. Dahulu, karena belum ada transportasi yang memadai, sangat jarang terjadi fenomena merantau atau urbanisasi sehingga suasana sosial sangat terasa di kampung halaman masing-masing.

4. Bahasa Daerah Mulai Ditinggalkan

Dengan adanya urbanisasi dan teknologi, bahasa daerah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh Bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain yang lebih umum digunakan. Hal tersebut membuat ragam bahasa daerah semakin sedikit bahkan ada beberapa bahasa daerah yang punah.

5. Cara Berpendapat

Baca juga: 10 Contoh Perubahan Sosial Budaya
Dahulu, setiap orang yang ingin menuntut sesuatu kepada pemerintah pasti melalui demo. Saat ini juga masih, tapi angka partisipan tidak sebanyak dulu dan kebanyakan orang lebih memilih berpendapat di media sosial atau membuat petisi daring (online). Walaupun demikian, ternyata gempuran “kicauan” seperti di Twitter lebih ampuh mengubah kebijakan pemerintah dibandingkan dengan aksi demonstrasi. Dengan media sosial, suara rakyat lebih jelas terdengar.

6. Cara Pacaran

Cara pacaran juga telah mengalami perubahan secara drastis. Seperti saling berkirim surat digantikan oleh saling membalas chat. Dulu, pasangan selalu tidak sabar (tapi tidak marah) menanti pak pos datang, tetapi sekarang baru 5 menit tidak dibalas sudah langsung berantem. Terutama jika pesannya tidak sengaja terbaca dan tidak dibalas beberapa saat.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

7 comments:

  1. Yang point nomor 6 itu benar banget, cara berpacaran zaman sekarang memang sudah sangat berbeda sekali ya... Jangankan 5 menit, 1 menit terlambat balas aja udah ditanya dari mana.. hmmm.. memang banyak sekali perubahan dizaman yang modern ini

    ReplyDelete
  2. Terima kasihh:) sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Jadi,kesimpulan apa yg kita dapat dari yang no 2 itu dari cara anak bermain?

    ReplyDelete
  4. Bener banget zaman sesekarang pacaran nya ud canggih😂

    ReplyDelete
  5. Saya setuju itu,itu mirip sekali dengan kehidupan jaman sekarang...

    ReplyDelete
  6. Carilah 3 contoh perubahan yang terjadi di daerah anda

    ReplyDelete