12 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Musik adalah salah satu bentuk seni yang menggunakan medium suara, vokal, dan kesunyian. Musik dapat berupa instrumental, vokal, atau gabungan dari keduanya. Musik mengharmoniskan olahan vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo yang seringkali digunakan sebagai salah satu sarana pengungkapan emosi seseorang. Berikut adalah beberapa pengertian musik menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

Pengertian musik menurut para ahli

1. Jamalus

Musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

2. Sunarto

Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

3. Lexicographer

Musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

4. Reed dan Sidnell

Musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

5. David Ewen

Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

6. Adjie Esa Poetra

Musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi.

7. Suhastjarja

Baca juga: Seni Musik (Artikel Lengkap)
Musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulat dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.

8. Rina

Musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.

9. Sylado

Musik adalah waktu yang bisa didengar dan merupakan wujud waktu yang hidup, yang merupakan kumpulan ilusi dan alunan suara.

10. Merriam

Musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

11. Soeharto

Musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

12. Ade Prianto Nugroho

Musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

2 comments:

  1. Izin share ya gan, kmi cntumkn sumbernya kok..
    mksh ya gan sblmnya

    ReplyDelete
  2. Menurut saya musik adalah suatu cara mengungkapkan perasaan dan pikiran melalui nada dan melodi yg di sesuaikan dengan adanya struktur irama yg teratur dan memiliki makna.

    ReplyDelete