Etimologi Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap)

Sosiologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu komunikasi dari sudut sosiologis. Sosiologi komunikasi meneliti tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial di dalam masyarakat yang mempengaruhi proses penyampaian pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada komunikan guna untuk mendapatkan umpan balik yang sesuai dengan harapan.

Etimologi Sosiologi Komunikasi

1. Etimologi Sosiologi

Sosiologi merupakan kata serapan bahasa Inggris sociology. Asal mula kata “sosiologi” berasal dari kata socious yang berarti “teman” dan logos yang berarti “ilmu”. Istilah “sosiologi” pertama kali digunakan oleh filsuf Perancis Auguste Comte pada tahun 1830.

2. Etimologi Komunikasi

“Komunikasi” merupakan kata serapan bahasa Inggris communication. Asal mula kata “komunikasi” berasal dari bahasa Perancis Kuno comunicacion pada akhir abad ke-14 yang berasal dari dua kata bahasa Latin communis yang berarti “umum” dan communicare yang berarti “menyampaikan”. Jadi, secara harfiah “komunikasi” adalah kegiatan menyampaikan hal-hal umum.

3. Sejarah Istilah Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komunikasi muncul dari pemikiran-pemikiran Auguste Comte, Durkheim, Talcott Parson, Robert K. Merton, Karl Marx, dan Habermas. Belum diketahui siapa yang pertama kali menggunakan istilah sosiologi komunikasi dan kapan istilah tersebut pertama kali digunakan.


Sumber:

Judul

Alamat

Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/12/sosiologi-komunikasi-artikel-lengkap.html
Pengertian Sosiologi Komunikasi http://candra24fisip.blogspot.com/2012/12/pengertian-sosiologi-komunikasi.html
sociology (n.) http://www.etymonline.com/index.php?term=sociology
What is communication? https://pragatipath1.files.wordpress.com/2012/02/smc2.pdf
communication (n.) http://www.etymonline.com/index.php?term=communication
SOSIOLOGI KOMUNIKASI http://dedykoerniawan.blogspot.com/2012/06/sosiologi-komunikasi.html

Dengan bantuan terjemahan dari Google Translate.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Etimologi Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap) ".
    Saya juga mempunyai E-book yang mungkin anda butuhkan dan sesuai dengan judul artikel yang anda buat. E-book Komunikasi

    ReplyDelete