8 Langkah Cara Kerja Jantung

Jantung adalah organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah untuk sistem peredaran darah. Pada manusia, jantung terletak di antara paru-paru tepatnya di tengah dada. Jantung terbagi atas empat ruang, yaitu serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Jantung memiliki katup yang berfungsi mencegah aliran balik darah. Jantung bekerja dengan memompa darah dengan ritme yang ditentukan oleh sel pacemaker di nodus sinoatrial. Berikut adalah penjelasan ringkas dan lengkap tentang langkah-langkah atau tahap-tahap cara kerja jantung. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)

Bagian-bagian jantung

Gambar dibawah adalah animasi cara kerja jantung. Sedangkan gambar di atas adalah bagian-bagian jantung untuk membantu mengetahui bagian-bagian pada animasi di bawah.

Animasi langkah cara kerja jantung

Berikut adalah penjelasan langkah cara kerja jantung:

  1. Serambi kiri relaksasi sehingga darah dari paru-paru yang kaya akan oksigen masuk ke serambi kiri jantung melalui pembuluh balik paru-paru (pulmonal).
  2. Serambi kiri berkontraksi sehingga katup mitral terbuka dan darah masuk ke bilik kiri.
  3. Bilik kiri berkontraksi sehingga darah kaya oksigen terpompa ke seluruh tubuh melalui aorta.
  4. Setelah oksigen digunakan oleh sel untuk metabolisme, darah mengambil karbon dioksida dari sel yang merupakan limbah metabolisme dan membawanya ke jantung.
  5. Serambi kanan berelaksasi sehingga darah dari seluruh tubuh yang kaya karbon dioksida masuk ke serambi kanan jantung melalui vena cava.
  6. Serambi kanan berkontaksi sehingga katup pulmoner terbuka dan darah masuk ke bilik kanan.
  7. Bilik kanan berkontraksi sehingga darah kaya karbon dioksida terpompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis untuk melepas karbon dioksida dan mengambil oksigen.
  8. Kembali ke nomor 1.

Referensi:

  1. Cara Kerja Jantung Singkat dan Lengkap (http://cacatanipa.blogspot.co.id/2015/06/cara-kerja-jantung.html)

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment

close