Pengertian Puisi (Artikel Lengkap)

Puisi adalah bentuk sastra yang mengungkapkan perasaan penyair dan disusun dengan menggunakan struktur bahasa, rima, irama, penghayatan, dan estetika. Puisi menggunakan bentuk dan menunjukkan perbedaan interpretasi terhadap kata-kata yang bertujuan membangkitkan respon emotif. Irama musik terkadang digunakan untuk mengiringi puisi. Demikian juga gaya bahasa seperti metafora, simile, dan metonimia. Dalam bahasa Inggris, “puisi” disebut poetry.

Baca juga: 17 Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi

Seseorang membaca puisi

1. Asal Mula Kata Puisi

Etimologi “puisi” berasal dari bahasa Yunani poiesis yang berarti “membuat”. Secara harfiah tidak terlalu bermakna. Tetapi mungkin lebih bermakna jika diketahui arti prosa dalam bahasa Latin yang berarti “langsung”. Sehingga kemungkinan istilah poiesis digunakan karena dalam “membuat” terdapat proses dan aturan-aturan, sedangkan prosa dibuat secara langsung tanpa menggunakan aturan-aturan baku.

2. Arti Kata Puisi

Berikut adalah arti kata puisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Puisi adalah nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan baik.
  2. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
  3. Sajak.

3. Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian puisi menurut para ahli bahasa:

  1. Menurut Ralph Waldo Emerson, puisi adalah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.
  2. Menurut Edwin Arlington Robinson, Puisi adalah suatu bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.
  3. Menurut Dresden, puisi adalah sebuah dunia dalam kata yang merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan, dan perasan penyair.
  4. Menurut Ratih Mihardja, Puisi adalah seni tertulis dimana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.
  5. Menurut Putu Arya Tirtawirya, puisi adalah ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment

close