Pengertian Biologi (Artikel Lengkap)

pengertian biologiBiologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan, interaksinya dengan lingkungan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi dirintis oleh ilmuwan berkebangsaan Yunani, Aristoteles. Biologi sangat berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti kimia, fisika, dan matematika. Ruang lingkup biologi meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer.

1. Asal Mula Kata Biologi

Etimologi istilah “Biologi” berasal dari bahasa Yunani. Yaitu kata βίος (dibaca bios) dan λογία (dibaca logia). Bios berarti “kehidupan” dan logia berarti “studi”. Jadi, secara harfiah pengertian biologi adalah studi tentang kehidupan. Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 1739 ketika Linnaeus menggunakan kata biologi dalam buku Bibilotheca Botanica. Istilah tersebut digunakan kembali pada tahun 1766 dalam buku berjudul Philosophiae Naturalis Sive Physicae: Tomus III, Continens, Geologian, Biologian, Phytologian Generalis oleh Michael Christoph Hanov.

2. Beberapa Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Banyak sekali ilmuwan yang mencoba mengartikan arti kata biologi. Menurut Campbell, Reece, dan Mitchell, biologi adalah ilmu yang paling sulit dari semua bidang sains, sebagian karena sistem makhluk hidup sangatlah kompleks dan sebagian karena biologi adalah ilmu multidisipliner yang membutuhkan pengetahuan kimia, fisika, dan matematika. Sementara menurut Bagod Sudjudi dan Siti Laila, biologi adalah bagian dari sains yang mengkaji tentang makhluk hidup dan lingkungannya.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Biologi http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi
2. Pengertian dan Penjelasan Tentang Biologi http://softilmu.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-penjelasan-biologi.html
3. Pengertian Biologi http://fatih-io.biz/pengertian-biologi.html
4. Biology http://en.wikipedia.org/wiki/Biology
5. Pengertian dan Definisi Biologi http://carapedia.com/pengertian_definisi_biologi_info2143.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

4 comments: