Mario Teguh Golden Ways: Less Is More

Mario-Teguh-Golden-Ways4_thumb6_thum[2]

Review acara Mario Teguh Golden Ways sebelumnya:

SUMO: Susah Move On

Sekarang saya akan mengulas kembali acara Mario Teguh Golden Ways edisi Sabtu, 03 Maret 2013. Temanya kali ini adalah Less Is More. Saya akan memberikan poin-poin yang mampu saya simak dalam acara ini. Saya akan menggunakan gaya bahasa saya sendiri dan mungkin kurang akurat. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Kita sering ditakutkan oleh hal-hal yang tidak perlu. Namun banyak orang yang mengabaikan yang perlu. Seperti orang yang suka berselisih tetapi tidak mau menjalin persahabatan. Orang-orang ikhlas selalu mendahulukan yang sederhana dan orang baik itu selalu sederhana.

Jika Anda bisa mengatakannya dengan 1 kata, jangan katakan dengan 2 kata. Mengapa wanita yang sederhana lebih cepat menjadi ibu? Karena umumnya pria lebih berani dengan wanita yang sederhana ketimbang wanita yang kaya. Jadi, orang yang berlebihan itu selalu melebihkan dan mengabaikan orang yang sederhana tetapi dia tidak menyadari bahwa kelebihannya yang dilebih-lebihkan menjadi kekurangannya. Umumnya pria menganggap wanita yang terlihat kaya itu sok dan susah diajak bergaul. Apalagi saat menjadi pasangan hidupnya nanti.

Segala sesuatu ditentukan oleh niatnya. Jadi ketika orang yang pandai yang niatnya berlebihan adalah orang yang pamer. Bukankah orang yang sangat pandai itu diperkerjakan oleh orang sederhana? Betapa banyaknya bisnis besar dirintis orang yang sederhana tapi tindakannya besar.

Bedakan efektif dan efisien. Efektif itu ‘asal sampai, asal dicapai’. Efisien itu ‘membutuhkan waktu yang sedikit, menggunakan jalan pintas, sedikit pekerja’. Banyak orang yang hidupnya tidak efisien. Seperti menunggu laki-laki menyatakan cintanya. Jika pria itu mencintai Anda, kenapa tidak? Gengsi? Itu berarti Anda lebih mengutamakan gengsi ketimbang cinta.

Ketika orang memiliki kreatifitas. Lessnya harus ‘malas, menunda’. Morenya adalah ‘kreatif’. Namun jangan meniru more ‘bingung’. Less is more. Kurangi hal-hal yang menunda Anda. Dan lebihkan tindakan Anda. Semua orang rejekinya tidak akan baik bila kita selalu merasa kurang.

Orang yang melihat segala sesuatunya dengan kesyukuran maka hidupnya akan ringan. Fokuslah kepada apa yang kita miliki. Jangan fokus kepada apa yang tidak kita miliki. Karena itu namanya pengejaran dan itulah yang membuat kita lelah.

Keberhasilan bukan di alam rencana tapi di alam tindakan. Maka bertindaklah!

Jangan pernah menunjukkan keraguan. Jika Anda ragu, tegaslah bahwa itu adalah pilihan Anda. Anjing hanya mengejar orang takut. Orang yang semakin ahli semakin bermanfaat. Maka lebih baik orang yang gajinya kecil tetapi bekerja di bidang yang disukainya atau ahli di bidangnya. Pastilah peringkat kita akan meningkat sedikit demi sedikit dan tentunya kita akan dibayar lebih besar.

Orang yang mau banyak sering kehilangan. Seperti orang yang kini telah dituntut dan dipenjarakan. Kejarlah kebaikan secukupnya. Jika ada 2 kelinci, tentu saja kita harus fokus mengejar 1 kelinci saja. Maka fokus juga termasuk dalam less is more.

Cara untuk puas? Puaslah. Banyak jawaban yang terdapat di pertanyaannya. Jangan sepelekan yang kecil. Lebih mahal yang dihitung dengan satuan gram daripada kiloan. Tetapi kita seringkali mengecilkan yang kecil. Banyak orang yang terlihat murahan karena hanya menghormati orang yang tinggi saja. Tuhan itu menghargai setiap orang.

Cuek itu baik, tetapi dalam saat yang benar. Ketika Anda sedang direndahkan Anda pantaslah untuk cuek. Tetapi janganlah cuek kepada orang yang membutuhkan pertolongan kita meskipun kita tidak menyukainya. Namun, ada juga orang yang sampai tidak bisa tidur karena terlalu peduli dengan penghinaan dari orang lain.

Syarat untuk hidup indah adalah pribadi yang indah. Pribadi yang indah itu bukanlah kaya dan pandai. Kepribadian yang indah itu dapat dibangun sejak dini. Masih ingatkah Anda kepada nasehat ibu kepada anaknya yang memetik bunga,”bunga itu cantik bagimu dan hanya sementara, jika bunga itu tidak dipetik maka dapat bertahan sepanjang usianya dan dapat dinikmati banyak orang”?

Pemborosan yang paling boros dalam kehidupan adalah memberikan waktu kepada para pembenci. Kemudian kita membuat status yang berisi keluhan-keluhan dari para pembenci. Tentu saja pembenci itu akan berpesta. Maka untuk pembenci, buang ke laut aja!

Fokuslah kepada yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Kemuliaan bukanlah karena menrutimu. Tetapi Tuhanku.

Jangan kurangi doa dan lebihkan tindakan. Less is more itu benar, jangan kurangi tindakan. Sedihlah sekali-kali tetapi lebihlah berbahagia.

Jangan sampai komentar dari orang yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup membuat Anda membatalkan tindakan Anda yang besar dan bermanfaat bagi sesama.

Jika Anda hanya bisa bekerja yang bisa dikerjakan oleh orang kebanyakan, maka gaji Anda hanya sama dengan orang kebanyakan. Kalau Anda melakukan hal yang jarang bisa dikerjakan oleh orang kebanyakan, maka gaja Anda akan tinggi. Jika Anda melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain, maka gajinya bisa Anda tentukan sendiri. Pilih pekerjaan yang Anda cintai. Lakukan sesuatu dengan kecintaan. Jumlah gaji itu hanya masalah waktu.

Kita sering menghalangi diri untuk melakukan sesuatu karena malas, takut (takut gagal, takut kalah, dll). Kan ada kemungkinan baik dan buruk. Karena kita hanya menginginkan yang baik maka hasilnya adalah kita akan menjadi takut. Jika aku bisa melakukan hal yang bisa aku lakukan, maka Tuhan akan semakin menghargaiku. Kurangi hal-hal yang tidak baik dan lebihkan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Jadilah pribadi yang lebih ringan. Jangan mencurigai orang lain tetapi tetap hati-hati. Kebaikan hati Anda adalah sumber dari segala perbuatan baik Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

4 comments:

  1. thanks atas ulasannya,,,, saya mengharapkan selalu ada resume mario teguh setiap edisinys...berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama :)
      dukung kami yaa supaya acara ini tetap diulas dengan cara memberitahu teman-teman tentang blog ini :)

      Delete
  2. Terima kasih
    Semoga resume MTGW selalu ada tiap minggunya krn sangat membantu saya yg sibuk n tdk sempat nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama :)

      dukung kami yaa supaya acara ini tetap diulas dengan cara memberitahu teman-teman tentang blog ini :)

      Delete