Dampak Positif Teknologi Dalam Sosial Budaya

Teknologi bukanlah barang baru di Indonesia. Teknologi adalah suatu hal yang dapat mempermudah manusia baik untuk bekerja, berkomunikasi, belanja, maupun bermain. Jika teknologi tidak digunakan dengan baik dan benar, maka yang terjadi adalah bisa yang tidak kita inginkan. Bahkan budaya kita bisa saja hilang karena teknologi. Tapi tahukah anda bahwa dibalik dampak negatifnya yang cukup mengerikan, ada juga dampak positif teknologi dalam sosial budaya. Tentunya jika teknologi kita gunakan dengan baik dan benar. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Cerpen: Memendam Cinta

Ini adalah cerita pendek tentang cinta yang dipendam pria terlalu lama sehingga menimbulkan penyesalan. Kami buat cerpen ini berdasarkan permintaan/request dari salah satu pembaca setia blog kami.

Bagaimana Cara Menabung Orang Jepang?

Jepang, dikenal sebagai bangsa yang suka menabung. Saat ini, ada berbagai macam kerajinan celengan di Jepang. Tidak heran kalau tabungan orang Jepang adalah tabungan dengan nilai tertinggi kedua di dunia setelah bangsa Italia dan saat krisis finansial global. Jepang sama sekali tidak terpengaruh. Itu karena cadangan uang negara tersebut sangat besar. Lantas, bagaimana cara menabung dan mengelola uang ala orang Jepang? Langsung saja kita simak selengkapnya…..


Orang Jepang suka berhemat. Mereka berhemat tidak hanya hemat uang saja, tetapi juga hemat waktu dan tenaga. Bangsa Jepang percaya pemborosan dan penyia-nyiaan waktu, tenaga, dan uang perlu dihindari untuk meningkatkan daya pengeluaran pada tahap optimal dan memastikan setiap pekerjaan dilakukan sebaik-baiknya. Karena itu, bangs Jepang sangat menghargai waktu dan jarang mengobrol ketika bekerja. Mereka menggunakan waktu seefisien mungkin seperti saat mereka sedang dalam perjalanan(tentunya tidak ketika sedang mengemudi), mereka gunakan waktu luang yang sedikit itu untuk membaca. Maka, Jepang juga dikenal sebagai bangsa yang gemar membaca.

Dengan penggunaan waktu yang efisien, mereka bisa menghasilkan sesuatu lebih banyak, lebih berkualitas, dan tentu saja lebih cepat. Dengan begitu, keuntungan yang didapat dari hasil produksi akan meningkat. Itulah yang dapat mensejahterakan mereka. Lantas, apa mereka membelanjakan semua pendapatannya? Tentu saja tidak. Walaupun pendapatan mereka sangat besar. Pengeluaran disana juga sangat besar. Bayangkan, harga secangkir kopi saja bisa senilai US$20. Tetapi, mereka masih bisa menabung.

Jika pendapatan mereka besar, mereka selalu mengutamakan uangnya untuk ditabung dan membeli kebutuhan yang benar-benar pokok. Menyimpan uang sudah menjadi tradisi bangsa Jepang secara turun-temurun. Keadaan geografis negara mereka yang bergunung-gunung dan sering dilanda gempa bumi mengajarkan mereka untuk selalu siap sedia menghadapi segala kemungkinan. Menyimpan uang adalah suatu sifat yang baik dan menjadi salah satu formula penting keberhasilan bangsa yang maju di dunia ini. Kemahitan dan sikap hemat dalam mengurus uang adalah jaminan utama sukses keuangan sebuah bangsa di mana saja.

Bangsa Jepang tidak suka hidup berlebihan atau dengan sangat mewah, meski mereka sangat mampu melakukannya. Namun, sikap ini semakin terkikis di kalangan generasi baru. Mereka sering menghabiskan waktu dan uang mereka dengan mencari hiburan dan melancong ke luar negeri. Situasi ini berbeda dengan generasi lama yang hidup dalam kesusahan dan penderitaan, khususnya setelah Perang Dunia 2. Golongan ini memasukkan setiap pendapatan mereka ke dalam tabungan. Hal ini jarang dilakukan bangsa lain.

Saya tidak bermaksud melebih-lebihkan bangsa Jepang. Saya hanya ingin memberikan contoh kepada anda bagaimana cara menabung yang baik dan benar itu.

Sejak sepuluh tahun lalu, jumlah tabungan keluarga di Jepang menunjukan peningkatan berkelanjutan, sehingga mereka mampu membayar hutang dalam waktu singkat. Pengelolaan sumber keuangan yang pintar adalah faktor lain yang mendorong kesuksesan ekonomi Jepang. Tabungan yang dibuat di setiap rumah memungkinkan mereka menikmati taraf hidup yang tinggi dibandingkan peningkatan biaya setiap tahun.

Berbeda dengan masyarakat barat yang suka hidup berlebihan dan tidak peduli terhadap kualitas tugas dan barang yang dihasilkan. Orang barat suka membeli dan berbelanja barang yang tidak mereka perlukan. Itu tidak patut kita contoh. Contohlah bangsa Jepang yang hanya membeli barang yang mereka perlukan dan menjalani kehidupan yang sederhana.

Bangsa Jepang tidak suka berhutang karena melibatkan harga diri. Kaum barat menjalankan gaya hidup berhutang dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah sosial dan ekonomi yang serius di negerinya.

Nah, bagaimana dengan kita? Ayo, menabunglah mulai sekarang! Siapa yang tidak ingin masa remajanya memiliki modal besar untuk membuka usaha atau kuliah tanpa berhutang atau siapa yang tidak ingin masa tuanya memiliki simpanan uang yang besar sehingga tenang menjalani hari tuanya tanpa ada beban masalah keuangan? Ayo bagi yang ingin, menabunglah dari sekarang! Rajin menabung, tidak boros, pintar mengelola sumber pendapatan, tidak suka berutang, suka gaya hidup sederhana tapi berkecukupan, dan tidak menyia-nyiakan waktu. Itu saja yang kita butuhkan untuk mencapai kebebasan finansial.

Tetap Semangat! | Artikel Motivasi

Akrab dengan Teman Lewat SMS. Caranya?

Memiliki teman akrab sangatlah membahagiakan karena dia bisa menghibur kita disaat sedih dan menyenangkan hati kita disaat ceria. Kita bisa berkomunikasi dengan teman kita dimanapun dan kapanpun(tentunya mengikuti norma yang berlaku). Apalagi saat teknologi saat ini semakin maju sehingga memungkinkan kita untuk mencari teman di Jejaring Sosial dan akrab dengannya lewat SMS. Lalu, bagaimana caranya untuk akrab dengan teman lewat SMS? Langsung saja kita simak selengkapnya…..


Selalu awali dengan kata salam. Seperti, “hay :D”, “selamat pagi”, dan lain sebagainya. Itu adalah kata-kata yang bersifat persahabatan. Jika dia adalah orang yang baru anda kenal. Anda bisa mengirim SMS sejenis ini, “halo, saya Hedi Sasrawan. Salam kenal :)”. Selalu isikan ‘smile’ di belakangnya supaya merubah suasana menjadi lebih hangat.

Usahakan supaya topik pembicaraan tidak hanya yang serius saja. Apalagi tentang pribadi. Itu akan membuat teman anda bosan. Cobalah untuk membincangkan topik yang sedang hangat di masyarakat atau cuma sekedar bercanda(usahakan supaya sopan). Hindari juga penggunaan kata, “lagi ngapain?” karena teman anda akan mengira anda adalah orang yang membosankan dan tidak punya topik menyenangkan.

SMSan sewajarnya saja. Jangan sampai SMSan dari pagi setelah bangun sampai malam menjelang tidur. Lama-kelamaan(walau tidak disadari), teman anda akan bosan bahkan kesal dengan anda.

Jika yang anda SMS adalah teman dekat yang sudah lama tidak bertemu, ucapkan kata ‘kangen’ dan tidak sabar ingin bertemu kembali. Itu menandakan kesetiaan anda terhadap teman anda.

Dengan begitu, walaupun teman anda berada jauh dari anda. Dengan SMS dan cara SMS yang beretika, anda akan merasa semakin dekat dengan teman anda. Itulah beberapa tips akrab dengan teman lewat SMS. Semoga bermanfaat. Smile

 

Tetap Semangat! | Catatan Harian

3 Kesalahan dalam Menabung

“Aku sudah mengikuti cara menabung yang benar, tapi kok tabunganku gak nambah-nambah terus yaa?”

Anda pasti sering bertanya seperti itu kan? Yap, saya juga. Hehe. Mungkin cara menabung anda salah sehingga jumlah tabungan anda segitu-segitu saja. Trus, apa saja kesalahan dalam menabung? Yuk, langsung saja kita simak selengkapnya…..

Otak Kanan dengan Pikiran Positif. Apa Hubungannya?

otak kiri vs otak kanan Kali ini rubrik artikel motivasi akan membahas tentang hubungan antara otak kanan dengan pikiran yang positif. Otak kanan, biasanya mendefinisikan sesuatu yang menyenangkan atau keceriaan. Orang yang menggunakan otak kanan dalam bekerja cenderung lebih idealis dan kreatif dibandingkan mereka yang menggunakan otak kiri dalam bekerja. Tahukah anda bahwa ada hubungan antara otak kanan dengan berfikir positif? Mari saya jelaskan apa hubungannya. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

SMS dari Sahabat

Mrelakan bkn berarti menyerah, tp lbih kpda menyadari dan menerima bhwa ada hal2 yg gaa bisa dipaksain. Move on! :)

Dayu Sinta Pramesti | 14 Mei 2012

Pelajaran Berharga dari Anita

Udalah jangan di percaya, cuekin aja

Tar juga dya ngerasa tengal sendiri buat kyk gituan tapi gak ada yg nanggepin

Kadek Ayu Anita Sari | 28 April 2012
Kata-kata yang berwarna abu-abu tersebut sangat memukul hatiku. Gaya bicaranya sangat santai, tapi sangat meninju!
Sekarang aku tahu kenapa Anita bisa cuek sama aku dan selalu menjauh dariku.

Panjang Artikel Terbaik untuk Blog Anda yang Wajib Anda Ketahui

panjang artikel Artikel adalah bagian terpenting dari sebuah blog. Jadi, membuat artikel yang berkualitas dan nyaman dibaca adalah mutlah diperlukan. Salah satu penentu nyaman tidaknya artikel tersebut adalah panjang artikelnya. Terkadang saat ide kita sangat lancar, kita menulisnya dengan panjang lebar. Atau saat kita tidak memiliki ide, kita jadi membuat artikel yang pendek sekali. Itulah yang membuat pengunjung kita merasa bosan dan merasa artikel kita kurang lengkap. Lalu, bagaimana membuat artikel yang panjangnya ideal? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Bagaimana Cara SMSan Sama Orang yang Kita Suka Dengan Baik dan Benar?

cara sms dengan gebetan atau pacar Dulu, kita berkomunikasi secara tidak langsung dengan orang yang kita cinta menggunakan surat pos. Tapi seiring berkembangnya teknologi, kita bisa berkomunikasi secara tidak langsung melalui SMS, BBM, atau chatting. berkomunikasi secara tidak langsung yang saya maksudkan di sini adalah berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung. Terkadang kita malu berbicara secara langsung dengan orang yang kita suka/cinta. Jadi, sebagian orang lebih memilih SMS atau BBM sebagai media komunikasi dengan orang yang dicintainya. Lalu, bagaimana cara SMSan/BBMan sama orang yang kita suka/cinta dengan baik dan benar? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Bagaimana Cara Cepat Sembuh dari Sakit?

sehat dengan cepat Setiap orang pasti pernah sakit. Tapi tentu saja setiap orang berusaha untuk tidak sakit. Sakit adalah suatu keadaan dimana kondisi tubuh kita tidak seperti biasanya dan biasanya akan ada rasa nyeri di bagian tertentu. Lalu, bagaimana cara cepat untuk sembuh dari sakit? Saya akan membuka rahasia sebagian besar orang untuk sembuh dari sakit dengan menggunakan otak kanan. Semua jenis sakit termasuk SAKIT HATI bisa saja tersembuhkan. Langsung saja kita simak yang pertama:

8 Cara Membuat Artikel Berseri yang Baik dan Benar

artikel Artikel berseri adalah artikel yang bersambung atau memiliki kelanjutan. Biasanya cirinya pada judul ada tulisan “bagian 1” atau “part 1”. Tulisan berseri punya fungsi untuk memelihara ketertarikan dan rasa penasaran pengunjung. Juga untuk menyambungkan artikel yang kita buat terlalu panjang. Pengunjung akan menanti kelanjutan artikel tersebut dan terus berkunjung ke blog anda. Dengan begitu bisa dipastikan traffic blog anda akan selalu berlimpah.

Bagi anda sebagai pemilik blog, menulis artikel berseri juga memudahkan. Karena anda tak harus langsung membuat artikel yang sangat panjang. Selain itu anda punya waktu lebih banyak untuk memperdalam dan mengembangkan materi yang akan anda tulis.

Apakah menulis artikel berseri sulit? Tidak juga. Berikut ini tips membuat artikel berseri yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Ucapan Belasungkawa

pesawat Sukhoi Super Jet 100Kami, I Putu Hedi Sasrawan, HdSTeam, beserta keluarga berduka cita atas jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Semoga keluarga diberikan kekuatan dalam menerima segala keadaan bahkan kemungkinan keadaan terburuk. Kami berharap semoga Tuhan memberikan keajaiban sehingga semua penumpang pesawat dalam kondisi selamat.

Kami juga berharap supaya tim SAR dan tim penyelamatan yang lain untuk segera mengevakuasi para penumpang dan pesawatnya.

Kondisi pesawat Sukhoi Super Jet 100 saat ini

 

Tetap Semangat!

HdSTeam

Seberapa Pentingkah Disiplin Itu?

disiplin Disiplin adalah sikap kita yang selalu mengutamakan tepat waktu dan kerutinan dalam bekerja/belajar. Tapi, banyak orang(termasuk saya. Hehe) yang kurang disiplin dalam bekerja. Untuk sukses, kita harus disiplin. Namun banyak yang berpikir seberapa pentingkah disiplin itu? Bagaimana cara supaya kita disiplin? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Saat Terbaik dan Terburuk Menembak 'Dya’ (Wajib Diketahui!)

menembak si Dya Wah, deg2an banget yaa saat kita memiliki rasa cinta kepada seseorang atau saat ini akan saya sebut dengan istilah ‘Dya’. Tak sabar rasanya kita untuk segera mengungkap isi hati kita kepadanya. Namun, kadang kita sering menundanya karena kita tidak tahu saat terbaik dan terburuk untuk menembak si Dya. Kami, HdSTeam akan berbagi kepada anda kapan saja saat yang terbaik dan terburuk untuk menembak orang yang kita cintai. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 4)

Jerman berhasil menduduki Paris, Prancis saat Perang Dunia 2 h. Pembebasan Perancis dan Belgia

Kalahnya Jerman di Front Timur, jatuhnya Italia ke tangan Sekutu, macetnya gempuran terhadap Inggris di Front Barat, dan ikutnya Amerika dalam perang telah membuat Jerman terpukul hebat. Keadaan menjadi berbalik. Jerman menjadi pihak yang bertahan dan Sekutu menjadi pihak yang menyerang.

Jatuhnya Front Selatan telah memberi kesempatan kepada Sekutu untuk melancarkan serangan terbesar ke daratan Eropa. Serangan itu direncanakan
pada D-Day yang jatuh pada tanggal 6 Juni 1944. Serangan dilaksanakan setelah dilakukan persiapan besar di Inggris dan pulau-pulau di Selat
Kanal.

Dengan tulang punggung Amerika Serikat dan Inggris, Sekutu membentuk satuan ekspedisi khusus yang disebut Allied Expeditionary Forces di bawah komando Jenderal Eisenhower. Serangan ini didukung AD, AL, dan AU yang meliputi 10.000 pesawat tempur dan 4.000 kapal perang. Pasukan Sekutu
diseberangkan dari Inggris ke Pantai Perancis melalui Semenanjung Normandia. Pendaratan besar-besaran yang dilakukan pada malam hari dan
dilakukan sampai dengan bulan Agustus 1944 ini berhasil mendaratkan sebanyak 2.200.000 tentara, 450.000 kendaraan perang, dan 4.000.000 ton perbekalan.

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Rangkuman & Daftar Isi)

pasukan Normandy memasuki Prancis Rangkuman

1. Secara umum, Perang Dunia II (1939-1945) pecah atau meletus karena terjadinya perlombaan senjata, kegagalan LBB, terbentuknya aliansi politik, timbulnya imperialisme baru, munculnya semangat balas dendam, berkembangnya paham nasional yang sempit, terjadinya penyerbuan.

2. Secara khusus, Perang Dunia II meletus karena Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939. Karena Polandia bersekutu dengan Inggris dan Perancis, maka pada tanggal 3 September 1939 kedua negara ini langsung balik menyerang Jerman. Sementara itu, penyerbuan Jepang atas Cina tahun 1937 dan penyerangan Jepang atas armada angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941 juga menjadi sebab khusus meletusnya Perang Dunia II.

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 5)

E. Perjanjian Perdamaian Setelah Perang Dunia Kedua

Perjanjian-perjanjian penting yang diadakan untuk membereskan masalah-masalah yang timbul setelah Perang Dunia II, antara lain: Perjanjian Postdam, Konferensi Paris, dan Perjanjian San Fransisco.

a. Perjanjian Potsdam (17 Juli – 2 Agustus 1945)

Perjanjian ini dilaksanakan antara Sekutu dan Jerman. Tokoh-tokoh dari pihak Sekutu yang terlibat dalam perjanjian di Potsdam adalah Presiden Harry S. Truman (AS), PM Clement Attlee (Inggris), dan Yoseph Stalin (Uni Soviet). Isi Perjanjian Potsdam antara lain sebagai berikut.
  • Jerman dibagi dalam 4 daerah pendudukan. Uni Soviet menduduki bagian timur. Perancis menduduki bagian barat. Inggris menduduki bagian barat laut. Amerika Serikat menduduki bagian barat daya.
  • Kota Berlin juga dibagi menjadi dua: Berlin Timur dikuasai Uni Soviet dan Berlin Barat dikuasai Amerika, Inggris, dan Perancis.
  • Danzig (daerah Jerman sebelah timur Sungai Oder) dan Niesse diberikan kepada Polandia.
  • Jerman didemiliterisasi.
  • Penjahat-penjahat perang harus dihukum.
  • Partai Nazi Jerman dan segala unsur pendukungnya dihapuskan.

Mengapa Gaji Orang Jepang Sangat Tinggi?

gaji Gaji rata-rata orang Jepang bisa mencapai puluhan juta Rupiah(bila dirupiahkan) per bulan. Padahal fisik dan tubuh orang Jepang sama saja dengan bangsa lain, bahkan rata-rata mereka kidal dan bertubuh pendek. Kekayaan alamnya juga tidak seberapa tidak seperti Indonesia yang sangat kaya akan SDM dan SDA. Jepang juga pernah mengalami keterpurukan terbesarnya saat Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki sehingga sejak itu negara Jepang mengalami kehancuran. Lalu, mengapa Jepang bangkit begitu cepat dan pendapatan perkapitanya saat ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Mengapa Indonesia dan bangsa lain, yang jauh lebih kaya, dan jauh lebih banyak penduduknya tidak bisa seperti Jepang? langsung saja kita simak selengkapnya…..

Ide Saya Untuk Menghijaukan Lingkungan

lingkungan hijau Saat saya sibuk menulis artikel, tiba-tiba saya mendapatkan ide untuk menghijaukan lingkungan. Setelah saya berjalan-jalan di sekitar lingkungan saya dan di sekitar kawasan Denpasar dan Kuta, saya sedikit prihatin dengan penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat tetapi jumlah pohon perindang di kota semakin menurun. Mungkin ide ini bisa diwujudkan jika dilakukan oleh pemerintah tapi anda bisa memulainya di rumah. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Cerpen: Jelang Tamat SMP (Episode 1)

PERHATIAN: ini cuma cerpen tentang sehabis UN sampai perpisahan SMP, tidak ada unsur kesengajaan dan nyata disini. Jika anda merasa ada, maafkan kami. Tapi itu benar-benar hanyalah sebuah kebetulan belaka.

Cerpen: Jelang Tamat SMP (Episode 2)

PERHATIAN: ini cuma cerpen tentang sehabis UN sampai perpisahan SMP, tidak ada unsur kesengajaan dan nyata disini. Jika anda merasa ada, maafkan kami. Tapi itu benar-benar hanyalah sebuah kebetulan belaka.

Cara Berlibur Yang Baik dan Benar

berlibur Libur telah tiba… Libur telah tiba… Hore! Hore! Hore! (HORE!). Masih ingatkah anda dengan lagu tentang yang dibawakan Sherina saat kecil? Yap, sebentar lagi, liburan tengah tahun atau yang biasa disebut akhir semester 2 akan tiba. Bagi yang telah UN dan ulangan sekarang tinggal deg2an menunggu hasil belajarnya selama semester ini. Saat liburan, banyak yang membuang waktu liburan dengan sia-sia. Kenapa? Karena masih banyak yang belum bisa memanfaatkan waktu liburannya dengan maksimal sehingga banyak kasus dimana anak-anak merasa kekurangan waktu libur. Lalu, bagaimana cara berlibur yang baik dan benar? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

5 Cara Ampuh Menghilangkan Galau

galau Galau adalah perasaan kalut dan bingung yang disebabkan oleh penyesalan atau kekesalan akibat kesalahan kita atau juga bisa disebabkan oleh orang lain(sebagian besar berasal dari GEBETAN). Galau membuat tubuh kita lemah, hati kita sakit, dan semangat kita hancur. Bisa dibayangkan kan betapa buruknya jika kita terus-menerus galau. Sebenarnya semua orang pernah galau bahkan presiden pun pernah galau saat jelang pemilu yang berencana menaikkan BBM tapi nggak jadi Open-mouthed smile Lalu, bagaimana cara menghilangkan atau setidaknya mengurangi galau tersebut juga dampaknya. Saya punya tips sederhana. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Tips Mudah Menghadapi TPA SMA

hasil TPA Ujian Nasional SMP telah selesai… Saatnnya kita yang akan tamat SMP mencari SMA. Tentunya pilihan pertama kita adalah SMA Negeri yang favorit. Mendapatkan SMA Negeri apalagi yang favorit bukanlah perkara yang mudah. Biasanya SMA mengadakan Tes Potensi Akademik yang biasa disingkat dengan TPA. Lalu, bagaimana caranya menghadapi TPA yang biasanya sangat susah dan persiapan kita sangat singkat hanya sejak setelah UN? Kebetulan salah satu anggota HdSTeam mau berbagi tipsnya kepada saya dan saya akan mencoba untuk berbagi dengan anda. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Karakter Pencipta Momentum

mendorong truk Coba anda bayangkan bila anda diminta untuk mendorong sebuah truk dengan bobot lebih dari 1 ton. Awalnya mungkin akan terasa sangat berat untuk membuat truk tersebut bergerak maju, namun sedikit demi sedikit usaha anda akan terasa lebih ringan bila truk tersebut mulai melaju. Semakin kencang laju truk tersebut, semakin sedikit usaha yang diperlukan untuk mendorong, itulah momentum.

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 3)

pasukan Normandy memasuki Prancis D. Jalannya Perang Dunia 2

Karena Jerman menyerbu Polandia (1 September 1939), maka pada tanggal 3 September 1939 Inggris dan Perancis segera menyatakan perang terhadap Jerman. Setelah Jepang melancarkan serangan mendadak ke pangkalan armada Amerika Serikat di Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941, Jerman dan Italia yang menjadi sekutu Jepang segera menyatakan perang kepada Amerika Serikat. Sejak Amerika Serikat menyataan perang kepada Jepang pada tanggal 8 Agustus 1941, Amerika mulai terlibat perang. Amerika berada di pihak Sekutu.

Pada permulaan perang, Jerman merasa bahwa Rusia tidak akan menyerang Jerman. Pada tanggal 21 Agustus 1939, Jerman dan Rusia telah menandatangani pakta nonagresi atau perjanjian untuk tidak saling menyerang. Karena perjanjian tersebut, Rusia mula-mula dianggap sebagai salah satu negara Blok Sentral oleh pihak Sekutu. Setelah Rusia diserang oleh Jerman pada bulan Juni 1941, negara-negara Sekutu barulah membantu Rusia menghancurkan Jerman di Front Timur. Lengsung saja kita simak selengkapnya…..

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 2)

suasana perang dunia 2 C. Perang Dunia 2 (1939 – 1945)

Secara umum, perkembangan Eropa menjelang pecahnya Perang Dunia II ditandai oleh adanya dua bentuk pemerintahan yang saling bertentangan. Kedua bentuk pemerintahan yang saling bertentangan itu adalah pemerintahan demokratis dan pemerintahan otoriter.

Bentuk pemerintahan demokratis mendukung kebebasan. Negara-negara yang mendukung bentuk pemerintahan demokratis antara lain Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

Bentuk pemerintahan otoriter (diktator) adalah pemerintahan yang menindas segala bentuk kebebasan. Negara-negara yang mendukung bentuk pemerintahan otoriter ini antara lain Jerman, Italia, dan Rusia. Jerman pada waktu itu dipimpin Adolf Hitler dengan Nasional-Sosialismenya (NAZI). Italia pada waktu itu dipimpin Benito Mussolini dengan fasismenya. Rusia pada waktu itu dipimpin Stalin dengan paham komunisnya. Ketiga tulang punggung pemerintahan diktator ini secara prinsip memiliki perbedaan. Akan tetapi, secara umum ketiganya memiliki kesamaan, yakni sama-sama menindas dan mengancam negara lain. Kita akan mempelajari bagaimana jalannya Perang Dunia II dan apa sajakah pengaruhnya. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

5 Rahasia Menulis Judul Blog Yang Perlu Anda Ketahui

menulis artikel blog itu mudah Bagian yang terlihat sepele tapi sangat penting dari sebuah artikel adalah judul blognya. Kenapa? Karena judul blog itulah yang paling pertama kali dilihat pengunjung dan salah satu penentu apakah pembaca kita akan mengklik ‘baca selengkapnya’ atau langsung keluar dari blog kita. Untuk itu, selain membuat isi artikel yang berkualitas. Ada baiknya kita juga membuat judul yang menarik perhatian calon pembaca kita. Ada beberapa tips yang akan saya berikan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Rahasia Menghilangkan Rasa Takut. Ketahuilah Sebelum Menyesal!

42-17156038 Siapa yang tidak mengenal rasa takut? Setiap orang termasuk saya memiliki rasa takut. Bahkan orang terkaya dan tersuksespun punya rasa takut. Mereka terkadang cemas, ragu, dan bingung dengan keputusannya. Tapi orang sukses tetap bertindak walaupun memiliki rasa takut. Kenapa? Karena mereka telah menerapkan cara rahasia untuk menghilangkan rasa takut. Saya akan coba mengungkap apa rahasianya. Penasaran? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Rangkuman & Daftar Isi)

pasukan Normandy memasuki Prancis Rangkuman

1. Secara umum, Perang Dunia II (1939-1945) pecah atau meletus karena terjadinya perlombaan senjata, kegagalan LBB, terbentuknya aliansi politik, timbulnya imperialisme baru, munculnya semangat balas dendam, berkembangnya paham nasional yang sempit, terjadinya penyerbuan.

2. Secara khusus, Perang Dunia II meletus karena Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939. Karena Polandia bersekutu dengan Inggris dan Perancis, maka pada tanggal 3 September 1939 kedua negara ini langsung balik menyerang Jerman. Sementara itu, penyerbuan Jepang atas Cina tahun 1937 dan penyerangan Jepang atas armada angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941 juga menjadi sebab khusus meletusnya Perang Dunia II.

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 1)

Adolf Hitler Tentu kalian pernah mendengar kata Perang Dunia, bukan? Apakah yang kalian bayangkan ketika mendengar kata tersebut? Apakah seluruh penduduk saling bertempur dalam waktu yang bersamaan? Tentu sangat mengerikan, bukan? Yang dimaksud Perang Dunia bukan karena seluruh penduduk dunia bertempur, tetapi pengaruh atau akibat perang tersebut dirasakan oleh seluruh
masyarakat di dunia, termasuk Indonesia.

Pada awal PD (Perang Dunia) II, Jepang berhasil merebut daerah jajahan Sekutu termasuk Indonesia. Akibatnya Indonesia dijajah oleh Jepang. Bagaimanakah kehidupan rakyat Indonesia saat dijajah Jepang? Apakah kehidupan rakyat lebih baik atau semakin menderita?

Pada akhir PD II Jepang mulai mengalami kekalahan dan memberi janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Apa tujuan Jepang tersebut? Bagaimana bangsa Indonesia menyikapinya? Agar lebih jelas, langsung saja kita simak selengkapnya…..

Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia (Bagian 4)

Jerman berhasil menduduki Paris, Prancis saat Perang Dunia 2 h. Pembebasan Perancis dan Belgia

Kalahnya Jerman di Front Timur, jatuhnya Italia ke tangan Sekutu, macetnya gempuran terhadap Inggris di Front Barat, dan ikutnya Amerika dalam perang telah membuat Jerman terpukul hebat. Keadaan menjadi berbalik. Jerman menjadi pihak yang bertahan dan Sekutu menjadi pihak yang menyerang.

Jatuhnya Front Selatan telah memberi kesempatan kepada Sekutu untuk melancarkan serangan terbesar ke daratan Eropa. Serangan itu direncanakan
pada D-Day yang jatuh pada tanggal 6 Juni 1944. Serangan dilaksanakan setelah dilakukan persiapan besar di Inggris dan pulau-pulau di Selat
Kanal.

Dengan tulang punggung Amerika Serikat dan Inggris, Sekutu membentuk satuan ekspedisi khusus yang disebut Allied Expeditionary Forces di bawah komando Jenderal Eisenhower. Serangan ini didukung AD, AL, dan AU yang meliputi 10.000 pesawat tempur dan 4.000 kapal perang. Pasukan Sekutu
diseberangkan dari Inggris ke Pantai Perancis melalui Semenanjung Normandia. Pendaratan besar-besaran yang dilakukan pada malam hari dan
dilakukan sampai dengan bulan Agustus 1944 ini berhasil mendaratkan sebanyak 2.200.000 tentara, 450.000 kendaraan perang, dan 4.000.000 ton perbekalan.

Rahasia Orang-Orang Kaya & Sukses

orang suksesKemelaratan itu adalah sarapan pagi buat mereka yang betul-betul ingin Kaya. Jadi, semua orang memiliki potensi untuk sukses walaupun mereka tidak memiliki kemampuan lebih asal mereka memiliki tekad dan keyakinan yang kuat, mereka pasti bisa kaya dan sukses. Ini adalah contoh kisah nyata beberapa orang yang sukses yang bisa anda ambil hikmahnya. Tentunya sukses yang mereka dapat tidak langsung datang begitu saja. Mereka telah berusaha dengan keras untuk mencapai impianya. Nah, langsung saja kita simak yang pertama:

5 RAHASIA Supaya Buku Terbaca HABIS

buku terbaca habis Buku adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan pengetahuan. Apalagi sekarang buku itu sangat mudah dicari dan semakin beragam jenisnya mulai dari hobi, edukasi, bisnis, dan motivasi. Kini dengan teknologi yang canggih, buku bisa terbit dalam jumlah besar dengan harga murah dan tentu saja isinya tetap menarik. Nah, apabila anda telah lama membeli sebuah buku dan sampai sekarang buku tersebut belum habis anda baca. Kini saya akan mencoba memberikan tipsnya sesuai pengalaman saya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Menulis, Penghilang GALAU Terfavorit Saya

ilustrasiPasti anda kira-kira akan berkata seperti ini: “apaa? Bukannya saat kita galau itu kita nggak mood berbuat apa-apa?”. Hahaha… Memang sih galau itu membuat saya jadi males ngapa-ngapain. Tapi galau saya hilang setelah saya menulis. Entah itu menulis buku harian, artikel blog, atau cuma sekedar corat-coret mengeluarkan rasa kekesalan saya di selembar kertas putih. Mengapa galau saya hilang saat menulis? Ini ceritanya…..

Tulislah Apa yang Anda Pikirkan

menulis artikel blog melatih kita untuk berpikir cerdas dan positifTulislah apa yang anda pikirkan, bukannya pikirkan apa yang ingin anda tulis. Itulah prinsip untuk membuat artikel. Dalam blog, kita dilatih untuk menemukan ide dan mengetik dengan cepat. Salah satu cara saya untuk mendapatkan ide menulis dengan cepat adalah menulis semua yang sedang saya pikirkan. Lantas, bagaimana selanjutnya? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Filosofi Menanam Padi

Presiden SBY dan Ibu Ani foto bersama menanam padiSalah satu kebutuhan pokok kita adalah pangan atau makanan, makanan pokok kita di Indonesia adalah nasi, nasi dihasilkan dari pengolahan beras, dan beras adalah hasil dari menanam padi. Nah, setiap kita menanam padi(atau tanaman lain yang berguna), pasti ada rumput(gulma/tanaman pengganggu) yang tumbuh disekelilingnya. Tapi jika kita hanya menanam rumput, pasti tidak ada tanaman padi yang ikut tumbuh disekelilingnya. Sama seperti filosofi menanam padi, kehidupan kita juga seperti itu. Mau tahu kenapa? Yang sudah tahu jangan jawab, tapi bagi yang belum tahu. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Negara Maju dan Negara Berkembang (Bagian 2)

B. Mengidentifikasi Negara Berkembang dan Negara Maju

salah satu sudut kota di SingapuraBerdasarkan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju yang telah diuraikan di depan, maka anda dapat membedakan antara negara berkembang dan negara maju. Hal yang harus kalian ingat adalah tidak semua negara yang memiliki pendapatan perkapita tinggi dapat digolongkan sebagai negara maju, namun harus diperhatikan pula aspek-aspek lain sebagai karakteristik atau ciri-ciri negara maju seperti yang telah diuraikan di artikel Negara Maju dan Negara Berkembang (Bagian 1).

Negara Maju dan Negara Berkembang (Bagian 1)

negara berkembang(kiri) dan negara maju(kanan)Suatu negara memiliki kondisi sosial ekonomi yang berbeda-beda. Ada yang masih bergantung pada negara lain, ada yang sebatas mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, dan ada yang telah mampu memberi bantuan kepada negara lain. Perbedaan kondisi tersebut menyebabkan terjadinya pengelompokan-pengelompokan negara berdasarkan kondisi sosial ekonominya.

Anda tentu pernah mendengar bahwa negara-negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, Prancis ataupun Jerman disebut sebagai negara maju. Kemajuan negara-negara tersebut dapat dilihat dari banyaknya kota-kota metropolitan yang dicirikan dengan kondisi fisik berupa banyaknya bangunan atau gedung-gedung tinggi sebagai kawasan industri dan perkantoran. Hal tersebut dikarenakan mayoritas negara maju perekonomiannya bertumpu pada sektor industri, jasa dan perdagangan. Adapun negara-negara seperti Afrika Selatan, India, Pakistan, Laos, Malaysia, dan termasuk negara kita disebut negara berkembang. Negara berkembang pada umumnya bercorak agraris, karena masih banyak ditemui lahan pertanian yang luas dan subur. Tahukah anda, mengapa suatu negara digolongkan sebagai negara berkembang atau negara maju? Adakah kriteria-kriterianya? Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak selengkapnya…..

Rangkuman: Negara Maju dan Negara Berkembang

pemandangan kota New York dari udara. New York adalah bagian dari negara Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara maju di dunia

Menurut tingkat kemajuan, negara-negara di

dunia digolongkan menjadi:

  1. Negara maju (developed country): adalah negara yang ditandai
    dengan pendapatan perkapita tinggi dan
    kualitas penduduk yang tinggi.
  2. Negara berkembang: ditandai dengan pendapatan
    perkapita dan kualitas penduduk
    yang relatif rendah.
  3. Negara industri baru (newly industrialized country):
    negara berkembang yang sedang merintis
    perekonomiannya ke arah industri
    maju.

Ciri-ciri negara maju:

Membuat Artikel Blog: Jangan Mudah Puas!

ini adalah statistik artikel pada hari saat saya membuat artikel iniWah, maaf yaa semua. Baru kali ini saya mengisi label Tips Blog karena saya terlalu sibuk menghadapi UN dan sekarang sedang gencar membuat 10 artikel per hari supaya target saya tercapai. Kali ini saya akan menjelaskan kepada anda bahwa saat kita selesai membuat sebuah artikel dan ternyata artikel tersebut sangat digemari sehingga membawa dampak besar dalam blog anda. Kita boleh puas dengan pencapaian besar tersebut asal jangan terlalu puas. Lantas, apa yang seharusnya kita lakukan? Langsung saja kita simak selengakapnya…..

Peluang Itu Banyak!

Jika kita pandai dalam mencari dan mendapatkan peluang. Maka, peluang untuk berhasil akan semakin besarDalam hidup ini selalu ada peluang. Tapi kenapa banyak orang yang mengatakan bahwa peluang itu tidak ada? Sebenarnya kita hidup di antara banyak peluang, hanya kita saja yang tidak menyadarinya dan meremehkannya. Padahal, jika kita sadar dan menggunakan peluang-peluang kecil yang ada di sekitar kita dengan maksimal, maka peluang kita untuk sukses menjadi lebih besar. Saya coba buktikan mengapa peluang itu sangat banyak dan ada dimana-mana termasuk di lingkungan anda. Baiklah, langsung saja kita simak selengkapnya…..

Memanajemen Kebutuhan

di jaman yang persaingannya semakin ketat ini, anda perlu membuat daftar kebutuhan yang disesuaikan dengan prioritasMemanajemen kebutuhan disini berarti mengatur atau mengelola kebutuhan sesuai prioritas. Secara umum, kita membaginya menjadi 3. Yaitu primer atau kebutuhan pokok yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Yang kedua adalah sekunder dan yang ketiga adalah tersier yang berarti kebutuha mewah. Tapi cara saya untuk memanajemen kebutuhan sedikit berbeda. Saya membaginya menjadi 4 bagian. Apa sajakah itu? Saya akan mengurutkannya dari atas yang terpenting sampai bawah yang bisa diurungkan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Gak Ada Ruginya Kita Bekerja Keras

Kerja Keras akan mempercepat kita menuju keberhasilan. Walaupun kita gagal, setidaknya kita telah mengambil pelajaran dari upaya kerja keras kitaSalah satu upaya untuk sukses adalah terus berusaha dengan kerja keras. Tapi banyak yang langsung menyerah begitu saja karena mereka merasa usaha kerja kerasnya sia-sia dan tidak menjamin kesejahteraan. Padahal sebenarnya, bekerja keras itu tidak pernah ada ruginya. Pasti ada keuntungan yang kita dapat baik secara langsung maupun tidak langsung. Malah, jika kita menyerah itulah yang akan menimbulkan penyesalan. Lalu, apa saja keuntungan yang kita dapat dari bekerja keras meski gagal? Langsung saja kita simak selengkapnya…..